Tips Belajar Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris

Di zaman serba teknologi dan informasi ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan Bahsa Indonesia untuk berkomunikasi dengan orang lain, kita juga perlu mendalami bahasa lainnya, terkhususnya Bahasa Iggris.

Kenapa Bahasa Inggris? Karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang sangat dipakai dibanyak negara. Ditambah lagi, sekarang banyak perusahaan yang hanya menerima pekerja yang bisa berbahasa Inggris apalagi sekarang banyak yang namanya Startup.

Karena, rata-rata perusahan-perusahaan kecil maupun besar di Indonesia sekarang client mereka tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi mereka juga memiliki client dari mancanegara.

Belajar Bahasa Inggris sendiri gampang-gampang susah. Tapi jika kita tekun dan sabar dalam menikmati prosesnya, saya yakin kita akan senang belajar Bahasa Inggris.

Berikut 5 tips belajar Bahasa Inggris yang sangat berguna jika kita ingin belajar secara otodidak tanpa mengikuti kursus atau les Bahasa Inggris:

1. Nonton Film Tanpa Subtitle

Popcorn Bioskop

Siapa sih yang gasuka nonton film

 

dikala waktu senggang? Kita pasti salah satu dari banyak orang yang mengisi waktu senggangnya dengan menonton film.

Tapi pernahkan kita berfikir bahwaternyata nonton film juga bisa melatih kemampuan Berbahasa Inggris kita. Tapi dengan catatan, jika kita menonton film Hollywood atau barat, kita tidak boleh memakai subtitle, atau minimal pakai subtitle berbahasa Inggris.

Dan jika kita suka menonton film Indonesia, setidaknya kita menggunakan subtitle berbahasa Inggris, karena kita bisa mensinkronkan antara suara dan teks yang ada di film.

Tips belajar Bahasa Inggris dari film adalah :

  1. Jangan pakai subtitle atau pakai subtitle berbahasa Inggris
  2. Siapkan catatan, dan jika kita menemukan kata atau kalimat yang kita tidak paham, kita langsung saja cari di Google Translate.
  3. Coba tirukan kata-kata atau kalimat yang ada difilm didepan cermin.

2. Mengumpulkan Kosakata dan Dibuat Jadi Kamus

Kamus Inggris

Melanjut dari poin yang pertama, jika kita menonton film, dan kita menemukan kosakata yang kita tidak tau artinya sama sekali, bisa kita tulis didalam buku khusus  yang nantinya kita isikan kosakata-kosakata asing yang belum pernah kita dengar.

3. Menonton Channel YouTube Luar Negeri

YouTube

YouTube merupakan platform yang didalamnya kita bisa menemukan apapun. Sama halnya seperti Google, tetapi yang ada di YouTube semua berbentuk video. Banyak konten-konten dan channel di YouTube yang menggunakan Bahasa Inggris.

Dan bahkan ada juga beberapa Channel di YouTube yang memang kontennya membahas tentang belajar Bahasa Inggris.

Berikut rekomendasi channel dengan konten belajar Bahasa Inggris:

  1. Learn English With Misterduncan
  2. BBC Learning English
  3. VOA Learning English 
  4. Easy English
  5. Business English Pod

4. Menulis dan Mebaca Buku Berbahasa Inggris

Buku Bahasa Inggris

Jika kita sudah hobby membaca buku berbahasa Indonesia, coba untuk membaca buku berbahasa Inggris. Dan sama seperti hal-nya menonton film, jika ada kata-kata yang kita tidak tahu, sebaiknya ditulis dan kita terjemahkan menggunakan Google Translate.

Atau bisa juga jika kita suka membaca novel terjemahan, kita baca novel yang originalnya. Karena jika kita sudah membaca novel terjemahannya, pasti kita juga sudah tau alurnya. Jadi kita setidaknya paham-paham sedikit jika kita membaca novel aslinya.

5. Coba Praktekan Sehari-Hari

Conversation

Coba kita praktekkan ngobrol dengan Bahasa Inggris dengan teman-teman dekat kita. Atau coba gabung komunitas-komunitas yang ada. Karena kadang jika kita ngomong Bahsa Inggris suka dijulidin orang. Tapi itu bukan masalah, selagi kita mempunyai keinginan yang kuat.

Jika kita memang malu untuk berbahasa Inggris setiap hari, coba ikut kursus Inggris yang ada di Pare, Kediri atau lebih dikenal dengan Kampung Inggris. Disana kita diwajibkan untuk berbahsa Inggris, bahkan toko-toko di Pare itu ada tulisan “No English No Service” yang artinya jika kita tidak berbahsa Inggris, kita tidak akan dilayani.

Itu adalah beberapa tips-tips belajar Bahasa Inggris yang dapat kita praktekkan dirumah sambil mengisi waktu senggang. Dan jangan ragu untuk comment dibawah untuk bertanya-tanya.

Leave a Reply

Close Menu