7 Sejarah Logo Perusahaan Terkenal

7 Sejarah Logo Perusahaan Terkenal

Pernah gak sih, kita berpikir tentang sejarah logo dari brand atau perusahan-perusahaan yang terkenal seantero dunia? Atau bahkan kita berfikir tentang sejarah logo dari brand dari gadget-gadget yang kita pakai sehari-hari?

Disini saya akan merangkum sejarah dari logo-logo yang paling terkenal seantero dunia. Mulai dari perusahaan yang bergerak dibidang teknologi sampai perusahaan yang bergerak dibidang otomotif.

  1. Hyundai

Logo Hyundai
 

Siapa yang tidak tau perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini? Brand mobil yang dulu cukup jaya pada masanya, dengan dua mobil andalan mereka yakni Hyundai Trajet dan Hyundai Avega.

Mungkin kita berfikir bahwa lambang “H” pada perusahaan yang satu ini merupakan inisial dari produk itu sendiri, padahal sejarah logo yang sebenarnya adalah dua orang sedang berjabat tangan (perwakilan perusahaan dan klien), dan secara tidak sengaja membentuk huruf “H”.

  2. Toyota

Logo Toyota

Tiga bentuk elipse pada logo Toyota mempresentasikan 3 jiwa, yakni jiwa pada pelanggan, jiwa produknya, dan jiwa proses dalam teknologi dan produksinya. Dan setiap bentuk pada logo TOYOTA juga mempresentasikan huruf-huruf yang dimiliki logo ini.

  3. Adidas

Logo Adidas

Salah satu founder Adidas, Adolf Dassler merupakan orang yang menginspirasi terjadinya logo Adidas. Walaupun logonya selalu berubah dari waktuu ke waktu, tetapi Adidas tetap mempertahankan 3 garis miring yang menjadi ciri khas merk ini hingga sekarang.

3 buah garis miring tersebut mempresentasikan gunung, sebuah tantanganyang harus selalu diarungi untuk bisa sampai ke puncak.

  4. Amazon

Logo Amazon

Kalau kita melihatnya secara sekilas, mungkin tidak ada yang spesial dengan logo Amazon, tapi sebenarnya dibalik logo amazon tersimpan filosofi yang dianut oleh perusahaan mereka. Bukan hanya tanda panah yang membentuk seperti senyuman, yang berarti harus membuat pelanggan bahagia, tetapi tanda panah yang ada di logo Amazon menunjuk A dan Z yang artinya mereka menyediakan produk serba ada dari A sampai Z.

  5. Pepsi

Logo Pepsi yang Lama dan yang Baru

Logo Pepsi disamping kiri merupakan logo yang lama. Untuk berubah menjadi logo yang disebelah kanan, Pepsi membayar jasa desainer sebesar 1 juta dollar Amerika. Sedangkan untuk merombak dan rebranding ulang semuanya, Pepsi harus merogoh kocek jutaan dollar Amerika lagi.

27 dokumen mengenai makna logo baru ini akhirnya bocor ke publik, dan terungkap bahwa pergantian logo baru ini mempunyai makna yang sangat dalam. Didalam logonya mengandung makna Feng Shui, era Renaisans, teori Relativitas, Geodinamo bumi, dan masih banyak lagi.

  6. Beats Electronics

Logo Betas by Dre

Beats Electronics merupakan anak perusahaan dari Apple Inc. Pemaknaan dari logonya sangat sederhana. Mereka memakai huruf “b” sebagai inisial dari nama perusahaannya, dan membentuk logonya sedemikian rupa sehingga mirip kepala orang yang sedang memakai headset, dengan karakteristik persis produk mereka.

  7. Volkswagen

Logo VW

Volkswagen merupakan perusahaan mobil asal Jerman, logonya sendiri memiliki filosofi yang simpel, tapi tidak banyak orang yang mengetahui. Jika dilihat dari logonya saja, kita sudah tau bahwa itu merupakan singkatan dari kepanjangannya.

Volkswagen sendiri diambil dari bahasa asal perusahaan ini berasal, yakni bahasa Jerman. “Volks” sendiri dalam bahasa Jerman artinya orang dan “Wagen” dalam bahasa Jerman artinya mobil. Nah, kita lihat posisi dari logonya yakni V diatas W yang berarti orang menaiki mobil.

Mungkin itu adalah beberapa sejarah logo-logo perusahaan yang cukup terkenal. Membuat logo perusahaan tidak bisa sembarang buat, kita harus memilih jasa desain logo perusahaan yang berpengalaman dan juga terpercaya, karena membuat logo itu hanya sekali dan untuk selamanya.

Leave a Reply

Close Menu