Resep Kue Biji Ketapang

Resep Kue Biji Ketapang

Pernah mendengar tentang kue biji ketapang? Atau bahkan pernah merasakannya? Atau bahkan mempunyai resep kue biji ketapang sendiri? Teruntuk anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, pasti akan familiar dengan kue ini, apalagi kalau lebaran tiba.

Kue ketapang merupakan salah satu cemilan Betawi yang paling melegenda dengan resep turun-temurun yang saat ini sudah jarang untuk kita dapatkan ditoko-toko. Kue ini merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan mentega dan dibentuk sepeti halnya biji ketapang.

Kue biji ketapang bukan berarti terbuat dari pohon biji ketapang. Orang yang memberi nama kue ini mungkin terinspirasi dari bentuk biji dari pohon ketapang yang bentuknya agak bulat kasar, dan runcing pada ujungnya.

Rasa asli dari kue biji ketapang adalah manis dan juga ada sensasi garing dimulut. Tetapi, seiring berjalannya waktu banyak orang yang berkreasi membuat resep dan rasa baru untuk kue biji ketapang.

Sayang sungguh disayang, cemilan legenda ini sekarang sudah susah untuk dicari ke toko yang menjual kue-kue. Biasanya cemilan ini hanya bisa ditemukan di acara-acara besar seperti Lebaran atau pernikahan.

Baca Juga : Kue Akar Kelapa

Tapi kita tidak perlu sedih, disini saya akan memberi tau resep-resep kue biji ketapang mulai dari yang autentik sampai resep-resep dengan rasa baru yang banyak orang modifikasi.

Kue Biji Ketapang Autentik

Kue biji ketapang asli
Source: Google

Yang pertama adalah resep kue biji ketapang yang autentik atau asli, yang rasanya belum diubah-ubah menjadi rasa yang lain. Bisa dibilang ini yang paling enak dibandingkan dengan kue biji ketapang yang sudah diubah-ubah.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Tepung terigu : 120 gram
  • Tepugn tapioka : 50 gram
  • Gula pasir : 50 gram
  • Kelapa parut yang sudah disangrai sampai kering : 60 gram
  • Telor : 1 buah
  • Santen kental instan atau asli : 1 sendok makan
  • Margarin yang sudah dicairkan : 2 sendok makan
  • Vanili bubuk : 1/4 sendok teh

Cara Membuatnya

  1. Campur tepung terigu, tepung tapioka, vanili bubuk, dan kelapa ayng sudah disangrai kedalam wadah dan diaduk agar rata, dan buat lubang ditengahnya.
  2. Masukkan telur, santen, dan margarin yang sudah cair kedalam lubang yang sudah dibuat tadi, lalu dipilin menggunakan tangan hingga adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk.
  3. Ambil sebagian adonan, dan bentuk adonan menjadi kecil panjang.
  4. Ambil adonan yang suda dibentuk kecil panjang, lalu potong dengan arah serong kira-kira setebal 2 cm setiap potongan.
  5. Panaskan miyak yang banyak didalam wajan yang besar, lalu masukkan biji ketapang dengan api yang kecil hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah, diangkat dan ditiriskan.
  6. Biji ketapang sudah siap disajikan. Taruh didalam toples atau wadah yang kedap udara setelah biji ketapang dingin.

Catatan dalam Membuat Biji Ketapang

  1. Jika kita memilin adonan diatas meja dapur atau diatas talenan, taburin tepung terigu agar tidak menempel atau lengket.
  2. Gunakan api kecil saat menggoreng fungsinya agar kue biji ketapang bisa matang sempurna sampai kedalamnya.
  3. Jangan menggoreng sekaligus banyak karena nanti akan muncul busa yang banyak.
  4. Sebaiknya menyimpan kue biji ketapang kedalam toples kaca yang kedap udara.

Jika kalian masih bingung, simak video yang ada dibawah ini:

Kue Biji Ketapang Keju

Kue Biji Ketapang Keju
Source: Google

Resep yang selanjutnya merupakan kue biji ketapang yang sudah dimodifikasi dengan ditambahkan keju. Tentu rasanya juga tidak kalah enak seperti kue biji ketapang yang autentik. Berikut cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang diperlukan

Catatan: Bahan-bahan yang akan dilampirkan hanya untuk menjadikan kue biji ketapang sebanyak 550 gram.

  • Margarin yang sudah dicairkan : 50 gram
  • Telur : 1 butir
  • Gula Pasir : 5 sdm atau 80 gram. Jika kurang manis bisa ditambah sendiri
  • Garam : 1/2 sendok teh
  • Air : 50 ml
  • Keju cheddar kotak parut : 1/2 kotak kira-kira 90-100 gram
  • Tepung terigu (sebaiknya sudah diayak) : 300 gram

Cara Membuatnya

  1. Campurkan telur, gula, dan garam kedalam baskom atau wadah yang ada, lalu kocok dengan garpu atau whisker sampai sebagian besar gula larut kira-kira sekitar 3 menit.
  2. Lalu, masukkan margarin yang sudah dicairkan dan air, aduk sampai rata.
  3. Kemudian masukkan keju parut dan aduk rata lagi.
  4. Yang terakhir, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu, lalu digumpalkan menggunakan tangan.
  5. Persiapkan nampan, lalu ditaburi terigu tipis-tipis agar tidak lengket.
  6. Ambil secuil adonan, lalu dipilin memanjang menggunakan tangan kira-kira sebesar pensil, kemudian gunting dengan arah menyerong diatas nampan yang sudah bertabur tepung. Lakukan hal demikian hingga adonan habis.
  7. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan adonan kue biji ketapang, kemudian kecilkan apinya. Selagi dimasak, aduk-aduk agar merata matangnya.
  8. Angkat kue jika sudah mulai berwarna cokelat muda, karena masih ada proses masak lagi setelah beberapa saat kue diangkat.

Catatan

  • Proses penggorengan yang kedua biasanya minyak sudah mulai berbuih, terus hati-hati dan aduk secara terus-menerus dengan api kecil agar matang secara merata.
  • Adonan digoreng dengan api kecil gunanya agar matang secara merata dan tidak mudah gosong karena adonan mengandung banyak gula.

Kue Biji Ketapang Wijen Gurih

Biji Ketapang asin gurih wijen
Source: Google

Yang selanjutnya adalah resep modifikasi yang lainnya yakni asin. Tidak hanya asin, resep kue biji ketapang yang satu ini ini juga ditambah dengan taburan wijen yang membuat rasanya lebih enak lagi.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Tepung terigu : 250 gram
  • Telur : 1 butir
  • Vanili bubuk : 1 bungkus
  • Baking powder
  • Santen instan
  • Gula pasir : 5 sendok makan
  • Wijen : secukupnya
  • Garam : secukupnya
  • Blue band atau margarin

Cara Membuatnya

  1. Panaskan santen dan gula pasir didalam panci atau wajan menggunakan api yang kecil, aduk sampai rata.
  2. Lalu, masukkan vanili bubuk dan blue band atau margarin. Aduk lagi sampai semua bahannya tercampur rata, lalu matikan kompor kemudian disisihkan.
  3. Siapkan wadah seperti baskom atau wadah yang bersih lainnya, kemudian masukkan tepung terigu, telur, baking powder, wijen, garam dan sedikit blue band.
  4. Lalu, ambil gula pasir, santan, blue band, dan vanili yang sudah dipanaskan tadi, dan masukkan kedalam wadah yang berisi tepung, lalu diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket.
  5. Pilin adonan menggunakan tangan, bentuk menjadi kecil panjang kira-kira seperti pensil, lalu dipotong serong kecil-kecil.
  6. Sebelum mulai menggoreng, tambahkan tepung terigu tipis-tipis agar tidak lengket.
  7. Goreng dengan minyak yang banyak dan juga api yang sedang, jika sudah lalu ditiriskan.
  8. Masukkan kue kedalam toples jika kue sudah benar-benar dingin agar bisa bertahan lama.
  9. Kue Biji Ketapang wijen gurih siap disantap.

Sebagai tambahan, kue biji ketapang juga kaya akan gizi dan protein. Salah satu dari bahan-bahan kue biji ketapang adalah telor, dimana telor mempunyai senyawa aktif yang sangat berkhasiat untuk kulit dan juga didalamnya mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin E.

Lalu, kue biji ketapang juga terbuat dari terigu, yang mana terigu memiliki kandungan protein protein berbentuk gluten yang sangat berperan untuk kekenyalan kuenya. Terigu mempunyai vitamin A, vitamin B1, dan mempunyai 365 kilo kalori yang terkandung didalamnya.

Dan yang terakhir adalah margarin. Margarin juga pempunyai banyak kandungan vitamin didalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, dan juga kalsium.

Leave a Reply

Close Menu