Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini – Jika kalian berencana untuk traveling ke Jogja, dan berencana pula untuk bermain di pantai, jangan lupa untuk memasukan destinasi pantai yang satu ini kedalam itenerary kalian.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini memiliki lereng pantai yang cukup terjal yakni sekitar 10 derajat dengan batuan karst yang dominan dari Gunung Sewu.

Pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing, akrena letaknya yang sangat terpecil. Sehingga, Pantai Drini dikenal oleh warga setempat sebagai Pantai Perawan.

Sebutan itu digunakan oleh warga setempat karena kondisi pantainya yang masih bersih, udara yang masih sejuk, air yang berasa dingin ditambah dengan pasir putih yang membentang mempesona dan aliran airnya yang tidak seganas Pantai Parangtritis.

Memiliki pemandangan alam yang menarik dengan bukit-bukitnya yang hijau, memiliki pasir yang putih, lautnya yang berwarna biru, dan memiliki pulau kecil yang terletak disebelah selatannya, merupakan ciri khas yang dimiliki pantai ini.

Selain memiliki pulau, pantai ini juga dihapit oleh dia bukit disebelah kanan dan kirinya yang membuat pemnadangan semakin mempesona. Ditepi pantai ini juga terdapat gazebo yang tertata rapih dan perahu-perahu para nelayan yang digunakan untuk mencari ikan.

Apa yang Menarik dari Pantai Ini

pulau drini
Source: Google

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pantai ini memiliki sebuah pulau kecil yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun asing yang datang kesana.

Pulau kecil yang berada tepat ditengah pantai tersebut memiliki permukaan seperti bukit yang cukup tinggi. Masyarakat setempat disana biasa menyebut pulau kecil tersebut dengan sebutan Pulau Drini.

Pulau Dirini tidak berada terlalu jauh dari pantai, jadi jika air laut sedang surut kita bisa menyebrang kesana dengan berjalan kaki dan melewati tangga yang tersedia disana. Dari atas pulau tersebut, kita bisa melihat pemandangan pantai dengan lebih leluasa.

Selain pulau kecil tadi, kita juga bisa menikmati pemandangan pantai dari atas bukit yang berada disebelah timur. Dibukit sebelah timur ini terdapat beberapa gubuk yang memang sudah disediakan untuk tempat para wisatawan bersantai dan menikmati pemandangan.

Pemandangan dari bukit ini sangat menarik. Dan menurut wisatawan yang berkunjung, disinilah spot terbaik untuk menikmati pemandangan yang ada. Karena dari bukit tersebut, kita bisa melihat pemandangan Pantai Drini lebih luas dengan bukit-bukit disekelilingnya dan juga pulau yang berada tepat ditengahnya.

Pemandangannya tidak sampai disitu saja, kita juga juga bisa meihat laut lepas yang sangat luas disebelah selatan bukit dan tebing-tebing karang yang berada disebelah timurnya.

Setelah kita puas menikmati pemandangan yang ada, waktunya untuk bermain air ditepi pantai. Air laut ditepi Pantai Drini cukup tenang, karena adanya pulau dan bukit disekitarnya yang membuat ombak tertahan dan tidak sampai ketepi pantai.

Lokasi Pantai Drini

plang pantai drini
Source: Google

Pantai drini adalah salah satu objek wisata bertema pantai yang terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Letaknya berada disebelah timur pantai Baron, dan berjarak kira-kira 1 km kearah timur Pantai Sepanjang.

Walaupun tempatnya masih berada di Jogja, tapi kita harus menempuh 60km atau kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari kota Yogyakarta untuk mencapai ke destinasi ini.

Walaupun memiliki jalan yang berkelok-kelok dan cukup terjal, tapi infrastrukturnya jalannya cukup mulus. Jadi kalian tidak perlu takut nanti ada lubang dijalan, karena memang mulus dan tidak ada hal seperti itu.

Kuliner

Jika sudah selesai bermain dipantai, tidak afdhol jika kita tidak memakan makanan khas laut yaitu seafood. Untungnya disekitar Pantai Drini terdapat kios-kios seafood yang beragam.

Ikan dipantai ini terkenal segar. Disini banyak perahu nelayan, jadi kita bisa langsung membeli ikan dari nelayan, atau bisa juga pergi kepasar ikan yang ada disana. Ada beberapa kios yang menjual ikan segar, dan ada juga yang menjual ikan matang yang sudah siap disantap.

kios Mbap Tum merupakan kios yang cukup terkenal. Disitu kita bakal memilih ikan yang segar, dan langsung dimasak disitu juga. Pilihan masakannya juga beragam, mulai dari ikan goreng, bakar, lombok ijo, saus tiram, asam manis, dan lain-lain.

Jika kita sedang menunggu makanan yang sedang dimasak, kita bisa meminum es kelapa muda yang berada diwarung-warung tepian pantai sambil menikmati keindahan Pantai Drini.

Fasilitas

Untuk fasilitasnya, pantai ini memiliki fasilitas umum yang sudah cukup memadai, mulai dari tempat parkir yang luas, mushola atau tempat ibadah, toilet, rumah makan serta souvernir, dan juga gazebo yang berjejer dibibir pantai.

Dan juga terdapat rumah makan seafood yang dimana bisa kita olah sesuai keinginan kita sendiri, dan juga ikan asin khas yang hanya diproduksi hanya didaerah ini.

Harga Tiket Masuk

ilustrasi tiket
Source: Google

Untuk memasuki kawasan pantai ini, kalian hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000,- per orangnya. Jika sudah sampai diarea lokasi pantai, kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan Rp 3.000,- untuk kendaraan roda dua.

Harga Rp 10.000,- tadi merupakan biaya retribusi, yang mana dengan biaya tersebut kita sudah bisa menikmati pantai yang lokasinya berada disekitar pantai drini, seperti Pantai Baron, Kukup, atau Indrayanti.

Jika kita hitung, harga tiket yang segitu tidak akan sebanding dengan apa yang akan kita dapat. Mulai dari masuk kekawasannya saja kita sudah disambut oleh pemandangan yang indah dan dhiasi dengan deru ombak.

Rute Perjalanan Menuju Lokasi Pantai Drini

Untuk menuju lokasi pantai, kita dapat menggunakan berbagai rute yang ada karena untuk menuju ke kawasan sejuta pantai di Gunungkidul ini dapet dilalui rute darimana saja. Berikut beberapa rute yang bisa dipilih untuk munujur Pantai:

1. Dari arah Solo

Dari arah Solo ada dua pilihan rute yang dapat kita pilih yaitu melewati Klaten dan Sukoharjo.

  • Klaten kota-Cawas-Semin-Watukelir-Tanjungsari-ikuti arah menuju ke Pantai Drini
  • Sukoharjo-Solo-Tawangsari-Semin-Watukelir-Karangmojo-Tanjungsari-ikuti arah menuju ke Pantai Drini

2. Dari arah pusat Yogyakarta

Jogja kota-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Landasan Udara TNI Gading-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Wonosari-Jalan Baron-Tanjungsari-ikuti kea rah Pantai Drini

Beberapa pilihan rute tersebut dapat menjadi referensi kita dalam perjalanan menuju Pantai Drini. Darimanapun kita berangkat, ada baiknya kita mengikuti referensi rute seperti di atas. Dilihat dari rute perjalanannya, perjalanan melewati jalur alternatif Jogja lebih memakan banyak waktu dibanding jika melewati Klaten dari arah Solo.

Setelah kalian melihat penjelasan yang saya paparkan diatas, jangan lupa untuk membuktikannya sendiri jika kalian mempunyai rencana untuk ke Yogyakarta atau memang kalian sedang berada disana.

Sempatkan juga berkunjug ke Gunungkidul dan jamahi seluruh pantai lainnya yang berada disana. Karena setiap pantai memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing.

Dan Pantai Drini ini juga cocok untuk hunting foto, ataupun camping bersama teman-teman dibukit yang berada disekitar situ.

Wassalam.

Leave a Reply

Close Menu