Pantai Angsana

Pantai Angsana

Pantai Angsana adalah sebuah tempat wisata yang berada dikecamatan Angsana Tanah Bambu, Kabupaten Tanah Bambu. Pantai ini bisa dicapai dari kota Banjarmasin dengan waktu tempuh selama kurang lebih 5 jam perjalanan menggunakan transportasi darat.

Pantai ini berada tepat dibalik perkebunan kelapa sawit. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata yang bisa dibilang masih baru, namun sekarang sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat, dan makin hari kain ramai yang mengunjungi tempat ini dari kalangan turis lokal.

Sedikit mendelik kebelakang, dulunya Kalimantan Selatan sangat jarang dilirik oleh para masyarakat Nusantara sebagai tujuan wisata mereka, tetapi beda halnya dengan sekarang.

Masyarakat Indonesia mulai sering berdatangan kesana untuk menjadi tujuan wisata mereka untuk menikmati keindahan yang ada di alam Banua ini.

Karena dahulu, para bupati tidak peka dengan hal ini, tetapi sekarang banyak dari bupati-bupati di Kal-sel mulai berlomba-lomba untuk berbenah dan menata objek wisatanya.

Menyelam Sebagai Keunggulan Utama

orang menyelam dipantai angsana
Source: Google

Jika dibandingkan dengan pantai yang lainnya yang berada di Kalsel, pantai Angsana mempunyai air yang sangat dan sangat jernih, karena memang masih tergolong baru. Juga panorama disekitarnya sangat menarik.

Ketika kita baru sampai dan menginjakkan kaki disini, kita akan disambut oleh pasir putih yang membentang luas seperti halnya khas pantai yang berada dipulau Dewata, Bali.

Baca Juga – Keindahan Pantai Drini Yang Wajib Kamu Ketahui

Dan salah satu hal yang paling wajib untuk wisatawan yang ingin berkunjung adalah snorkeling dan scuba diving. Menurut wisatawan yang pernah kesana, dunia bawah laut yang disuguhkan disana memiliki keindahan yang sekelas dengan Bunaken.

Untuk kita yang tidak mempunyai peralatan diving atau scuba diving tidak perlu khawatir, karena sudah banyak tempat penyewaan peralatannya dengan harga yang beragam.

Dan juga, jika kita masih awam terhadap snorkeling ataupun diving, disini juga kita bisa belajar dari orang-orang sekitar yang sudah expert dalam bidang ini. Mereka akan membimbimbing kita dengan senyum dan sabar dan juga memberikan ilmu yang sudah mereka ketahui.

Dan bagi kita yang sudah siap membawa peralatannya sendiri dari rumah, kita bisa menyewa perahu. Perahu ini gunannya agar kita bisa diajak untuk mengunjungi spot-spot menyelam yang ciamik.

Titik yang pertama adalah Batu Anjir, lalu titik yang kedua berada disungai dua laut, dan titik yang terakhir berada di Karang Kima. Itu adalah 3 spot menyelam yang ciamik. Kita bisa menyelam disemua spot tadi, atau minimal kita menyelam disalah satu spot, karena kita akan rugi dan menyesal jika tidak menyelam pada salah satunya.

Untuk kalian yang tidak bisa berenang tidak usah kecewa, karena pantai ini memiliki area terumbu karang yang dekat dari kawasan tepi pantai, jadi kalian tetap bisa menikmati terumbu karang yang cantik.

Keunggulan Selain Menyelam

permainan banana boot dipantai angsana
Source: Google

Apakah hanya menyelam yang menjadi keunggulan di Pantai Angsana ini? Tentu tidak. Pantai ini memiliki keunggulan yang lainnya, bahkan bagi kita yang tidak suka menyelam pun ada. Karena pantai ini mempunyai panorama yang bagus nan indah.

Hal lain yang tidak kalah seru dan bisa dilakukan dipantai ini adalah dengan menyewa banana boot. Karena banana boot bisa melatih dan memacu adrenalin kita.

Saat kapal berbentuk pisang ini ditarik oleh kapal yang cepat dan memiliki kecepatan yang tinggi, kita akan menghantam ombak-ombak, dan disitulah adrenalin kita dipacu, dan jantung kita agar berdebar dengan hebat. Rasa takut, senang, gembira menjadi campur aduk.

Dan jika anda juga tidak menyukai permainan yang memacu adrenalin, dan juga tidak suka dengan sesuatu yang mainstream, di Pantai Angsana juga ada tempat penyewaan jetski.

Menarik gas dan berkelok kekanan dan kekiri didalam lintasan yang sudah disediakan diatas air tentunya berbeda dengan menarik gas diatas aspal. Disitulah kesueruan bermain jetski. Banyak orang yang lebih memilih bermain jetski dibandingkan bermain banana boot karena sudah terlalu mainstream.

Dan jika anda adalah orang yang tidak suka bermain basah-basahan, atau anda sudah bermain basah-basahan tetapi belum ingin pulang, Pantai Angsana menyediakan jembatan yang mengarah ketepi laut.

Dijembatan itu juga menurut orang sekitar sebagai titik terindah untuk melihat pemandangan tenggelamnya sang senja, cocok untuk para kalian sobat indie untuk berkunjung kesana. Dan juga jangan lupa untuk membawa kamera, karena jembatan itu adalah salah satu spot foto yang menarik

Oleh-oleh dan Kuliner Pantai Angsana

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung kesuatu tempat tetapi tidak mencicipi makanan khas sekitar, apalagi ditempat wisata seperti ini. Tidak pas rasanya jika kita tidak menyantap kuliner yang berada diwarung-warung pinggir pantainya.

Belum lagi, diwarung-warung tersebut menyuguhkan makanan khas yang mungkin kita sudah pernah memakannya tetapi tidak dari sumbernya langsung, seperti soto banjar dan bula-bula lombok.

penampakan soto banjar
Source: Google

Rasanya tentu sangat berbeda jika kita memakan langsung dari asalnya. Rasanya dijamin akan membuat lidah kita bergoyang, dan tidak mau berhenti makan.

Jika kita sudah kenyang menikmati kulinernya, tidak afdol juga jika kita tidak membawa buah tangan, oleh-oleh, atau souvernir khas yang ada disini untuk orang dirumah. Harganya pun terjangkau, mulai dari 10 ribu rupiah, kita sudah bisa membelikan souvernir untuk kenang-kenangan.

Alamat dan Rute Lokasi Pantai Angsana

Pantai Angsana berlokasi pada alamat Jalan sawit KM 8 Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Titi awal untuk menuju ke Pantai Angsana adalah dari Banjarmasin. Dan sudah banyak dari maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan dari dan ke Banjarmasin dipulau Jawa.

Dan untuk perjalanan dari banjarmasin menuju pantai dari Banjarmasin adalah menuju ke banjarbaru – Plaihari – Asem – Kintab – Sungai Danau – Desa Angsana.

Dan jika kalian memilih untuk menggunakan kendaraan atau transportasi umum, kalian bisa menaiki angkutan L300 dari terminal yang berada dikilometer 6 Banjarmasin, lalu turun didepan gapura Desa Angsana, lalu menuju ke pantainya dengan menggunakan ojek.

Harga Tike Masuk Pantai Angsana

Tidak ada biaya yang dikenakan untuk para pengunjung dipantai ini. Cuma, kita hanya diharuskan untuk membayar parkir, dimana biaya parkirnya kalau menurut saya sendiri tidak mahal, tapi menurut sebagian orang mungkin cukup mahal.

Biaya parkir yang dikenakan sebesar 15 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat, dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Tapi, dengan biaya parkir yang segitu, tidak akan sebanding dengan pesona yang disuguhkan pantai ini.

Untuk peralat snorkeling sendiri, kita harus merogoh kocek kita sebesar 50 sampai 70 ribu rupiah tergantung harinya, karena sistem sewanya harian.

Sedangkan untuk scuba diving sendiri, kita harus merogoh kocek lebih dalam lagi, biaya yang harus kita keluar sebesar 100 sampai 250 ribu rupiah untuk sekali penyelaman. Tetapi harga segitu akan dibayar tunai dengan keindahan bawah laut yang disuguhkan.

Jadi kesimpulannya, Pantai Angsana merupakan tempat wisata yang ramah bagi semua orang dan kalangan, sudah siapkah anda untuk menabung dan membuat rencana kesini?

This Post Has 4 Comments

  1. Bagi dana kk.. Bakal ke sini.?

  2. Bagi duit kk.. Bakal ongkos ke sini.?

Leave a Reply

Close Menu