Menu Buka Puasa Untuk Diet

Menu Buka Puasa Untuk Diet

Puasa merupakan bulan yang penuh ampunan, tetapi disamping itu, banyak orang yang menjadikan bulan puasa ini menjadi momentum untuk menurunkan berat badan alias diet. Caranya dengan mengubah menu buka puasa yang biasanya penuh dengan yang manis-manis dan berminyak menjadi menu buka yang bersih dari hal itu.

Tapi banyak orang yang salah dengan konsep diet yang dilakukan pada bulan puasa ini, contohnya dengan tidak memakan sahur, dan juga tidak makan malam.

Karena walaupun sedang puasa, tubuh juga membutuhkan asupan gizi yang cukup. Menurut pakar kesehatan, jika kita ingin menurunkan berat badan pada bulan puasa sebanyak 0,5-1kg per minggu, kita perlu mengurangi asupan kalori kita sebanyak 500 kalori.

Jika kita biasanya memasukkan asupan kalori sebanyak 2000 pada bulan-bulan biasa, maka pada bulan puasa kita hanya perlu mengonsumsi 1500 kalori per harinya.

Tapi kalo kita menguranginya secara drastis seperti itu, pasti kita akan merasakan lapar yang biasanya tidak kita rasakan dibulan-bulan biasanya dan pada akhirnya kita lepas kontrol lagi. Tapi kita tidak usah khawatir, karena ada cara untuk mengakalinya.

Cara mengakalinya agar kita tidak lapar adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karena pada dasarnya karbohidrat dibagi menjadi dua.

Karbohidrat Sederhana

Soda merupakan sumber karbohidrat sederhana yang tidak baik dikonsumsi berlebihan
Source: Pexels

Karbohidrat sederhana merupakan makanan yang mengandung gula dasar yang mudah untuk dicerna oleh tubuh, contohnya adalah buah dan sayuran. Tapi, tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sehat untuk dikonsumsi setiap harinya. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yang lain adalah :

  • Roti
  • Soda
  • Permen
  • Minuman Kemasan

Jenis-jenis makanan dan minuman tersebut mengandung karbohidrat sederhana, namun biasanya sudah ditambah dengan gula, jadi tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Karbohidrat Kompleks

Buah-buahan dan kacang-kacangan merupakan sumber karbohidrat kompleks
Source: Pexels

Jika karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna, berbeda dengan karbohidrat kompleks yang terdiri dari susunan kimia yang lebih rumit dan juga lebih kompleks.

Karbohidrat kompleks memerlukan banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh. Itulah sebabnya karbohidrat kompleks sangat direkomendasikan untuk orang yang sedang melaksanakan diet, karena karbohidrat ini lama dicerna otomatis kita akan lama laparnya.

Dan karbohidrat kompleks dibagi lagi menjadi dua, yakni serat dan pati. Serat merupakan elemen yang sangat penting karena berfungsi untuk memperlancar percernaan dan juga mengontrol kadar kolesterol.

Beberapa makanan yang mengandung serat antara lain :

  • Biji-bijian
  • Kacang
  • Gandum
  • Sayur
  • Buah-buahan

Beberapa makanan tersebut juga mengandung pati, tapi tidak lebih banyak dari seratnya. Dan ada juga makanan yang mengandung pati lebih banyak dibandingkan seratnya, antara lain :

  • Nasi
  • Sereal
  • Oat
  • Jagung
  • Kentang
  • Roti Gandum
  • Kacang Polong

Tips dan Menu Buka Puasa Untuk Diet

Setelah kita mengetahui penjelasan tentang karbohidrat, terus gimana menu buka puasa yang sehat dan enak untuk kita diet dibulan suci Ramadhan ini?

Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Serat

Sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat
Source: Pexels

Makanan yang kaya akan serta sangat dianjurkan, apalagi yang berserat tinggi karena sangat bagus untuk kesehatan dan juga pencernaan. Makanan yang mengandung serat terbaik berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Menu untuk buka puasa yang satu ini juga berlaku untuk menu saat kita sahur. Karena makanan yang kaya akan serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, walaupun kita makan dalam skala yang kecil.

Hindari Makan Makanan Minyak Berlebihan

Makanan yang terlalu berminyak tidak baik dikonsumsi untuk berbuka
Source: Pexels

Gorengan merupakan makanan yang sangat sering disajikan untuk menu berbuka. Tentu awalnya kita akan sangat sulit untuk menghindari gorengan sebagai sajian untuk buka puasa kita, kalau tidak bisa untuk menghindari setidaknya mengurangi. Tapi itu langkah pertama yang harus kita lakukan jika kita mau melakukan program diet dibulan Suci Ramadhan ini.

Ditambah lagi, kandungan lemak yang terdapat pada minyak gorengan membuat kita mengantuk, dan akan menghambat aktifitas Ramadhan kita. Hal itu disebabkan karena saat kita menyantap gorengan, maka ikatan oksigen dalam tubuh kita bisa berkurang sebanyak 20%.

Leave a Reply

Close Menu