Leuwi Lieuk, Surga dipinggiran Jakarta

Leuwi Lieuk, Surga dipinggiran Jakarta

Yang namanya hidup di kota, pasti kita akan merasa jenuh jika setiap harinya hanya melihat layar komputer dan gedung-gedung tinggi.

Ditambah lagi dengan keadaan kota yang terasa sempit karena sesak akan para imigran yang mengadu nasib disana.

Otak kita pun pasti merasa stuck, dan butuh refreshing sejenak dari hiruk-pikuk kota ini.

Inilah dia, Jakarta.

Tapi, tinggal di Jakarta kita mempunyai satu kelegaan. Yakni tidak jauh dengan Bogor. Kota hujan yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang ciamik.

Berbicara destinasi wisata di kota hujan Bogor tidak akan ada ujungnya.

Selalu saja ada tempat-tempat menarik yang harus didatangi.

Di kota Bogor mencari jenis destinasi wisata semuanya tersedia.

Bagi yang tertarik dengan sejarah, banyak sekali tempat-tempat wisata budaya yang ada dikota Bogor. Bagi yang menyukai alam, dapat melakukan pendakian gunung, kegiatan berkemah dibanyak kawasan camping ground, dan banyak lainnya.

Sentul

Dan salah satu daerah di Bogor, yakni Sentul yang mempunyai keindahan ini.

Bukan rahasia umum, jikalau daerah Sentul, Bogor terkenal dengan segala potensi wisata. Sebagai kawasan terpadu dan sebagai daerah pendukung ibukota Jakarta, kehadirannya tak bisa dipandang sebelah mata.

Pesona tiada akhir terdapat disegala sektor, mulai dari hunian elite hingga estetika tata kota yang cukup menawan. Dibalik segala kepopuleran daerah Sentul, ternyata masih menyimpan keunikan lain yakni berupa air terjun atau curug.

Bahkan terdapat lebih dari 12 lokasi curug yang mempunyai keunikannya masing-masing.

Akan tetapi, dari sederet nama-nama curug yang berada di Sentul, tentulah terdapat beberapa curug yang menjadi tujuan terfavorit bagi banyak para wisatawan.

Leuwi Lieuk

curug leuwi lieuk
Source: My Phone

Salah satu curug yang terkenal adalah curug Leuwi Lieuk.

‘Leuwi’ sendiri dalam bahasa Sunda artinya lubuk atau bagian terdalam dari sungai.

Nah, di kawasan Bogor banyak sekali lubuk indah yang keberadaannya cukup tersembunyi dan masih jarang dikunjungi.

Keindahan yang dimiliki oleh Curug Leuwi Lieuk mampu membuat siapapun berdecap kagum. Berlokasi di Pabuaran, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Keunikan dari Curug Leuwi Lieuk Bogor adalah memiliki air yang berwarna hijau tosca serta ada dua tebing lumayan tinggi-tinggi yang mengapitnya, sehingga curug ini disebut dengan green canyonnya Bogor.

Sayangnya, akses jalan untuk mencapai curug ini memang butuh perjuangan ekstra, sebab Kamu butuh waktu sekitar 35 menit untuk mencapainya. 

Nanjak

jalan menanjak
Sorce: Pexels

Jika kalian ingin pergi kesini, saya sarankan untuk menyiapkan hati agar lebih lapang, karena tidak sedikit dari pengunjung yang curhat soal kondisi perjalanan menuju curug leuwi leuk.

Saya sendiri pun merasakan hal dongkol di hati. Wkwkwk.

Ya, perjalanan menuju ke lokasi wisata ini cukup menguras tenanga, mulai dari naik turunnya medan (baca: nanjak) dan belum lagi kalau hujan, jalannya bakal licin. 

Namun, semua itu akan terbayar lunas jika sudah sampai di lokasi curug.

Rute dan Cara Menuju ke Curug Leuwi Lieuk

route
Source: Pexels

Curug Leuwi Lieuk berada di Wangun, Celingusi, Karang Tengah, Babakan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Bogor Jawa Barat, sehingga rute menuju wisata Bogor ini adalah dari Bunderan Nirwana, kemudian belok ke kiri menuju Jungleland.

Setelah masuk melalui pintu masuk sebelah kanan, akan ada jalan menanjak, ikutin terus jalannya.

Setelah menemukan pertigaan, maka ambil arah kiri dan jalan terus sekitar 5 km, bakal ada spanduk yang bertuliskan Curug Leuwi Hejo, maka ikuti petunjuk arah tersebut.

Curug Leuwi Lieuk, Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo memiliki arah yang sama.

Namun memang untuk menuju ketiganya masih minim plang atau petunjuk arah.

Dengan demikian, jika Kamu tak menemukan plang atau petunjuk arah setelah berjalan 5 km dari pertigaan, maka cobalah bertanya pada warga sekitar.

Cara Menuju Lokasi Curug

Untuk menuju lokasi Curug Leuwi Lieuk, Kamu harus berjalan kaki dengan rute perjalanan sama dengan menuju Curug Lewui Hejo dan Curug Barong.

Dari parkiran, Kamu harus berjalan lurus kemudian akan menemukan persimpangan, jika lurus terus maka akan sampai di Curug Leuwi Hejo, dan jika memilih jalan menanjak akan sampai ke Curug Leuwi Lieuk dan Curug Barong.

Jika Kamu memilih menanjak, maka setelah 10 menit Kamu akan menemukan pertigaan, jika ke kiri maka menuju Curug Barong dan jika ke kanan maka akan menuju ke Curug Leuwi Lieuk.

Sebenarnya dalam satu area ini ada 3 tempat yang lokasinya cukup berdekatan yaitu Leuwi Lieuk, Leuwi Hejo dan Curug Barong.

Jadi jika Kita kemari sejak pagi hari mungkin dapat menikmati 3 tempat dengan keunikan panoramanya masing-masing ini dalam satu waktu.

Harga Tiket dan Fasilitas

ticketing
Source: Pexels

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Kita dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.10.000,- per orang.

Sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp. 5000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 10.000.

Fasilitas-fasilitas seperti tempat makan, warng-warung yang menjajakan makanan ringan dan aneka minuman, toilet, kamar mandi berada dalam satu area dekat parkir.

Perlu Kita ketahui bahwa area parkir tidak begitu dekat dengan kawasan Leuwi Lieuk sehingga saya sarankan untuk membawa bekal dari rumah atau membeli di minimarket sebelum sampai kesini.

TIPS

Sedikit tips dari saya, kalo emang kamu niat pengen kesini:

Yang Pertama: Pastikan mobil atau sepeda motor yang akan Kamu gunakan dalam keadaan yang prima. Karena jalannya lumayan terjal.

Yang Kedua : Berangkatlah pagi hari dari rumah, karena memang lokasinya yang lumayan jauh. Untuk Kamu yang berasal dari Jakarta, maka setidaknya Kamu berangkat dari rumah dari pagi atau bisa abis subuh langsung berangkat.

Karena bisa jadi kalo kamu berangkat pagi bisa nikmatin 3 curug sekaligus.

Seperti kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Sekali datang kesini, tiga tempat wisata dapat dikunjungi sekaligus.

Tapi dengan catatan kalau kalian berangkatnya pagi.

Yang Ketiga : Bawalah perlengkapan anti air yang mumpuni, agar Kamu tak ragu ketika akan bermain air atau trekking. Contohnya waterproof camera, dry bag, waterproof bag untuk hp kamu atau lainnya

Yang Keempat: Bawalah karpet untuk duduk-duduk bersama keluarga (jika kalian pergi bersama keluarga) disamping sungai, karena mungkin dari keluarga kita ada yang ga berenang juga.

Yang Kelima : Kalo bisa bawa makanan atau nasi dan lauk-pauk yang banyak jika memang kalian berniat nyantai sama keluarga. Karena jalan yang ekstrem akan membuat kita capek dan lapar. Eh, jangan banyak-banyak juga si, takutnya nanti naiknya malah keberatan.

Plus juga, namanya ditempat wisata pasti makanan mahal-mahal, jadi kita bisa berhemat.

Yang Keenam: Bawalah kacamata renang, karena selain bisa digunakan untuk asyik berenang juga bisa digunakan untuk mencari barang yang tenggelam.

Yang Ketujuh : Pastikan tidak meninggalkan sampah, dan jika menjemur pakaian tidak tertinggal.

Wassalam

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu