17+Kumpulan Kata Kata, Puisi, Nasehat, dan Syair Imam Syafii

17+Kumpulan Kata Kata, Puisi, Nasehat, dan Syair Imam Syafii

Hampir setiap kata kata yang terujar dari lisan seorang Imam Syafii sarat akan makna dan nasehat mendalam. Bahkan syair dan puisi yang beliau lantunkan tak luput dari wasiat serta wejangan kehidupan.

Berikut ini adalah beberapa penggalan kata kata serta nasehat yang telah beliau ucapkan yang saya ambil dari Majelis Azzikra.

Kata Kata Bijak dan Nasehat Imam Syafii

Kata Kata Imam Syafii

Jangan Pernah Mundur dan Berhenti

“Jika engkau telah berada dijalan yang benar menuju Allah, maka berlarilah. Jika sulit bagimu, maka berlari kecil-lah. Jika kamu lelah, berjalanlah. Jika pun tidak mampu, merangkaklah. Namun, jangan pernah beralik arah atau berhenti”. (Imam Syafii).

Jangan Cintai Orang Yang Tidak Mencintai Allah

“jangan cintai orang yang tidak mencintai Allah. Kalau Allah saja ia tinggalkan, apalagi kamu”. (Imam Syafii).

Kebaikan Membuat Kita Abadi

“Banyak orang yang telah meninggal, tetapi nama baik mereka tetap abadi. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna”. (Imam Syafi’i)

Singa Tidak Membalas Gonggongan Anjing

“Silahkan hina diriku sepuas kalian, aku akan tetap diam sama. Bukannya aku tidak memiliki jawaban, tapi singa tidak akan membalas gonggongan anjing”. (Imam Syafii)

Waktu Laksana Pedang

“Waktu laksana pedang. Jika engkau tidak menggunakannya, maka ia yang akan menebasmu, dan jika kita tidak tersibukkan dalam hal kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal sia-sia”. (Imam Syafi’i)

Berharaplah Hanya Kepada Allah

“Ketika hatimu terlalalu berharap kepada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah harapan agar kamu mengetahui bahwa Allah sangat cemburu dengan hati yang berharap kepada selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya”. (Imam Syafi’i)

Merantaulah!

“Orang yang berilmu dan beradap tidak akan diam dikampung halaman. Tinggalkanlah negerimu, merantaulah ke negeri orang”. (Imam Syafii)

Belajar Agar Tidak Bodoh

“Jika engkau tidak sanggup menahan perihnya belajar, maka engkau harus sanggup menahan perihnya kebodohan sepanjang hidup”. (Imam Syafii)

Tidak Bisa Mencintai Dunia Sekaligus Allah

“Barangsiapa mengaku dapat menggabungkan dua cinta dalam hatinya, cinta kepada dunia dan sekaligus cinta kepada Allah, maka ia telah berdusta”. (Imam Syafi’i)

Permasalahan Dunia

“Jika saja dunia ini dijual dipasar, aku tidak akan membelinya walaupun dengan harga sepotong roti karena semua permasalahan yang dimilikinya”. (Imam Syafii)

Perkara Terberat

“Perkara terberat itu ada tiga: Sikap dermawan disaat sempit, menjauhi dosa dikala sendiri, berkata benar dihadapan orang yang ditakuti”. (Imam Syafii)

Hindari Berdebat dengan Orang Bodoh

“Setiap kali berdebat dengan kelompok intelektual, aku selalu menang. Tetapi anehnya, setiap kali berdebat dengan orang bodoh, aku tak berdaya”. (Imam Syafii)

Mencari Teman Baik Itu Susah

“Apabila kalian memiliki teman yang membantumu dalam ketaatan, maka genggam erat tangannya. Karena mendapatkan seorang sahabat itu sulit, sedangkan berpisah darinya itu mudah”. (Imam Syafii)

Jangan Kecewa

“Ketika dalam kesulitanmu orang-orang meninggalkanmu, itu bisa jadi karena ALlha sendirilah yang akan mengurusmu”. (Imam Syafii)

 

Syair dan Puisi Imam Syafii

Syair dan Puisi Ima Syafii

تزود من التقوى فانك لا تدري….اذا جن ليل هل تعيش الى الفجرِ 

“Berbekalah dengan sesungguh takwa. Engkau tak mengetahui jika malam telah gelap, apakah engkau akan tetap hidup hingga waktu fajar”.

 

فكم من فتى امسى واصبح ضاحكا … وقد نسجت اكفانه وهو لا يدري

“Betapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafannya sedang ditenun”.

 

وكم من صغار يرتجى طول عمرهم…وقد ادخلت اجسادهم ظلمة القبرِ

“Betapa banyak bayi yang diharapkan berumur panjang, ternyata jasad mereka telah dimasukkan dalam gelapnya liang lahat”.

 

وكم صحيح مات دون علة … وكم من سقيم عاش حينا من الدهرِ

“Betapa banyak orang sehat mati tanpa sebab, dan betapa banyak orang sakit berumur panjang”.

 

 

 

Leave a Reply

Close Menu