Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan salah satu dari banyaknya ikan hias yang beredar dan sangat populer dikalangan masyarakat dunia, khusunya Indonesia. Tidak semua orang memelihara ikan ini hanya untuk menjadi hiasan aquarium belaka. Banyak juga orang yang membudidayakannya karena harga jualnya yang cukup tinggi.

Jika kita ingin menjadikan ikan ini hanya sebagai ikan hias, kita harus merawatnya dengan betul agar kualitas ikannya tidak menurun dan tetap bagus. Dan untuk memiliki ikan dengan kualitas yang bagus, kita harus mengkondisikan tempat tinggal dari ikan ini bersih dan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh ikan.

Dan jika kita berniat untuk memelihara ikan ini untuk tujuan agar bisa membudidayakannya untuk usaha, maka perawatannya harus lebih intens dengan memberikan pakan yang kaya akan nutrisi yang baik, sehingga warna dan kualitas ikan ini akan bagus juga.

Ikan mas koki mempunyai penggemar dari banyak kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Harga ikan yang beredar dipasaran berkisar diantara 2 ribu sampai 10 ribu rupiah per ekornya. Tapi orang yang membeli ikan mas koki dengan harga segitu hanya sebatas memelihara didalam aquarium.

Ada pula orang yang memelihara ikan mas koki untuk mengikuti kompetisi ikan. Dan harga ikan yang sudah mengikuti kompetisi seperti itu berbeda jauh dengan harga ikan mas koki biasa yang ada dipasaran. Harganya bisa ratusan kali lipat lebih, dan biasanya harganya berkisar diangka ratusan juta rupiah per ekornya.

Apa alasannya banyak orang yang memelihara ikan mas koki untuk menjadi hiasan didalam aquairum mereka? Hal tersebut karena memelihara ikan mas koki cukup mudah, bahkan anak-anak sekalipun dapat memeliharanya sendiri.

Untuk kita yang memiliki keinginan untuk memulai usaha budidaya ikan ini, modal awalnya cukup sedikit, kurang lebih 5 juta rupiah kita sudah bisa memulai usaha budidaya ikan ini untuk mendapatkan keuntungan dalam 20 hari kedepan.

Tempat untuk Memelihara Ikan Mas Koki

Ikan ini bisa kita pelihara didalam aquarium, bak semen, atau kolam dan yang lainnya. Apapun media untuk memeliharanya tidak masalah, tetapi dengan catatan air yang akan menjadi habitat utamanya harus bersih. Air yang bersih dan terawat akan mempengaruhi keindahan dan kesehatan ikan tersebut.

Sama halnya jika kita memelihara ikan jenis lain, tidak boleh ada zat-zat kimia yang berbahaya masuk kedalam air kolam karena akan membahayakan kehidupan ikan.

Itulah mengapa kolam atau aquarium yang kita isi dengan ikan ini harus dibersihkan secara berkala. Sisa-sisa makanan serta kotoran yang muncul dari ikan bisa menyebabkan zat amoniak yang akan mengganggu kesehatan ikan.

Perhatikan juga kandungan oksigen yang cukup untuk ikan. Cara mendapatkan kandungan oksigen yang cukup adalah dengan cara sebagai berikut:

Jangan mengisi kolam dengan terlalu banyak ikan kedalam satu kolam agar kolam tidak terlalu padat. Kolam yang terlalu sempit dapat membuat kadar oksigen berkurang dan kotoran semakin banyak, sehingga menyebabkan munculnya racun-racun yang berbahaya bagi ikan

Teknik Merawat Ikan Mas Koki

Ketekunan dan kesabaran sangat dibutuhkan jika berminat untuk memutuskan memeliharanya sebagai ikan hias ataupun ikan budidaya. Ketika baru menetas, ikan ini masih memiliki cadangan makanan yang tersisa induknya yang tahan hingga hari ke 2 sampai ke 3.

Jadi, pada awal penetasan ikan ini, kita tidak perlu memberi pakan apapun untuknya. Baru pada hari ke 3, ikan baru kita beri makanan yang lainnya berupa kutu air atau cacing sutra. Treatmentnya hampir mirip seperti Ikan cupang saat baru awal menetas.

Pemberian pakan kutu air, cacing sutra, atau sejenisnya bisa dilakukan sampai ikan memasuki usia 10 hari. Jika sudah mencapai usia dua minggu, berilah pakan dengan cacing sutra saja.

Pada usia 2 mingguan, jika kita memelihara ikan mas koki didalam kolam terbuka sebaiknya ditutup apabila ada hujan. Karena pada usia yang segitu, ikan sangat rentan terhadap air hujan yang turun langsung dari langit.

Lalu, ikan sudah bisa mulai dipanen setelah waktu pemeliharaan sudah mencapai 20 samap 22 hari. Panen diusia 20 sampai 22 hari merupakan panen untuk memasarkan bibit ikan.

Teknik Membesarkan Ikan Mas Koki

Bibit ikan yang sudah berumur satu bulan sebaiknya dipindahkan kedalam kolam yang memiliki luas yang cukup untuk menampung bibit-bibit yang telah ada.

bibit ikan mas koki
Source: Google

Jangan memasukkan bibit kedalam kolam yang berukuran terlalu kecil. Bila terlalu sesak untuk menampungnya pada satu kolam, kita membutuhkan satu kolam lagi untuk melancarkan proses pembesaran ikan ini. Dan juga, pastikan kolam mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Untuk makanan ikan yang dibesarkan, beri pakan pellet atau pakan alami. Proses pembesarannya memakan waktu hingga maksimal 6 minggu. Jika sudah 6 minggu, ukuran ikan akan membesar sebesar ibu jari orang dewasa dan sudah bisa dijual dengan banderol 2 ribu sampai 5 ribu rupiah per ekornya.

Ikan sudah dianggap dewasa jika sudah memasuki umur yang ke 4 bulan dan sudah bisa dijual kepasaran. Jika ingin menjual indukan ikan, maka usia yang tepat adalah jika usia ikan sudah mencapai 8 bulan.

Teknik Pemijahan Ikan Mas Koki

ilustrasi gambar pemijahan ikan mas koki
Source: Google

Pemijahan adalah proses dikawinkannya indukan ikan jantan untuk membuahi indukan ikan betina. Pemijahan bisa dilakukan didalam aquarium atau didalam kolam. Caranya seperti berikut:

  • Isi wadah pemijahan yang ingin anda pakai dengan air bersih, lalu didiamkan selama 24 jam
  • Siapkan tanaman air seperti kiyambang, eceng gondok, atau yang lainnya sebagai media untuk bertekur bagi ikan.
  • Mulai masukkan ikan yang akan dipijah pada sore hari, karena ikan biasanya akan mulai kawin pada malam hari.
  • Jika sudah selesai masa pemijahan, pindahkan ikan betina yang sudah bunting kekolam yang lain
  • Telur akan menetas pada hari ke 2 atau ke 3
  • Lakukan cara pemeliharan awalnya seperti penjelasan diatas.

Tips untuk Merawat Ikan Mas Koki di Aquarium

ikan mas koki didalam aquarium
Source: Google

Berikut adalah tips yang menarik untuk merawat ikan ini didalam aquarium, tips-tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Ikan mas koki mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan suhu tubuhnya terhadap suhu yang berada disekelilingnya. Ikan ini disebut sebagai makhluk berdarah dingin, mirip seperti reptil, tetapi perbuahan suhu yang drastis dapat membuatnya tidak bisa bertahan hidup.
  • Tingkat asam air juga penting, dan ikan ini bisa hidup diair yang memiliki tingkat keasaman sampai dengan pH 7.
  • Singkirkan hama seperti lumut yang termasuk kedalam kategori gulma karena akan mengganggu kesehatan ikan serta mengganggu pemandangan dan kebersihan aquarium.
  • Bila memelihara ikan didalam aquarium, pastikan aquarium ditempatkan pada tempat yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Tempatkan aquarium ditempat yang sering dilihat seperti diruang tamu, ruang keluarga, atu ruang tv. Karena ada yang bilang, memandangi gerakan ikan yang indah didalam aquarium adalah salah satu obat stres yang murah meriah.

Leave a Reply

Close Menu