Ikan Koi

Ikan Koi

Koi adalah jenis ikan air tawar yang cukup banyak digemari oleh para pecinta ikan. Untuk mengetahui jenis ikan koi unggulan, kita perlu mengetahui karakteristik yang dimiliki tiap-tiap jenis ikan koi yang ada agar kita tidak salah dalam membelinya.

Hal ini karena banyaknya jenis koi yang memang sangat beragam. Untuk kita yang sudah lama bermain dengan ikan-ikan ini mungkin sudah biasa, tapi bagi kita yang masih awam dan baru ingin mengenal koi, maka hal ini perlu kita kaji lebih dalam.

Koi termasuk kedalam kelompok Karper Cyprinuscarpio. Ikan ini merupakan fauna yang sangat unik dan menarik untuk kita pelihara didalam kolam ikan yag kita miliki dirumah.

Sebenarnya, warna corak dan motf yang dimiliki ikan koi hampir sama denga yang dimiliki oleh ikan mas, namun ikan koi memiliki warna yang lebih hidup dan juga lebih beraneka ragam dibanding ikan mas.

Tidak heran jika Koi diklasifikasikan berdasarkan pola, bentuk, dan corak warna yang menghiasi tubuhnya. Berikut saya rangkum beberapa jenis Koi unggulan yang bisa jadi pilihan untuk kamu pelihara dirumah.

1. Ki Utsuri

Koi Ki Utsuri
Source: Google

Ki Utsuri merupakan jenis Koi termahal karena jumlahnya yang tidak banyak. Ki Utsuri termasuk spesies yang langka karena sulit untuk ditemui. Warna dasar pada tubuhnya hitam, dan ditambah dengan corak warna kuning. Karena harganya yang mahal, kita harus berhati-hati jika ingin membeli Koi ini, jangan sampai salah dengan jenis Utsuri yang lain.

2. Kumonryu

Koi Kumonryu
Source: Google

Jika anda orang yang mudah bosan, mungkin Koi ini bisa menjadi opsi pertama untuk kalian pelihara. Karena Koi Kumonryu ini memiliki kemampuan mengubah pola warna dari putih ke hitam atau sebaliknya atau kombinasi keduanya merupakan daya tarik tersendiri untuk kalian pelihara.

3. Matsuba

Koi Matsuba
Source: Google

Matsuba merupakan Koi yang mememiliki beragam warna dasar ditubuhnya. Mulai dari gin matsuba yang mempunyai warna dasar berwarna putih, gin matsuba yang memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba yang memiliki warna dasar merah. Tetapi secara umum, Matsuba memiliki warna dasar logam dan memiliki corak hitam disetiap sisiknya.

4. Tancho

Koi Tancho
Source: Google

Tancho adalah jenis Koi yang termasuk dalam famili Kohaku. Ciri yang menonjol dari Koi Tancho adalah totol merah besar yang berada dikepala ikan ini yang terlihat seperti bendera negara asalnya, yakni Jepang yang tidak terdapat dijenis Koi lainnya.

5. Taisho Sanke

Koi Sanke
Source: Google

Koi yang biasa disebut Sanke ini memiliki warna dasar putih solid, membuat Koi Sanke sekilas mirip dengan Koi jenis Kohaku. Perbedaannya hanya terletak pada coraknya. Jika pada jenis Kohaku hanya mempunyai corak merah, jenis Sanke memiliki corak merah yang berpadu dengan corak hitam.

6. Showa Sanshoku

Koi Showa
Source: Google

Showa Sanshoku atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Showa sebenarnya agak serupa dengan saudaranya Sanke. Perbedaan yang paling mencolok terdapat dibagian corak keduanya.

Jika Sanke mempunyai corak merah dengan corak hitam yang hanya berada dipermukaan tubuhnya, beda dengan Showa yang memiliki corak merah dengan corak hitam yang menghiasi hampir seluruh tubuhnya ditambah juga corak hitam yang ada dikepalanya.

7. Asagi

Koi Matsuba
Source: Google

Asagi adalah jenis Koi yang berasal dari Jepang. Karakteristik dari Koi ini ialah mereka mempunyai warna dasar biru diatas permukaan tubuhnya, dan memiliki corak tambahan disisi sirip dan perutnya.

8. Shusui

Koi Sushui
Source: Google

Sushui merupakan keturunan dari jenis Asagi. Perbedaanya hanya pada warna sisik dipunggungnya. Namanya ikan keturunan, kita harus jeli jika ingin membeli salah satu dari mereka agar tidak salah.

9. Shiro Utsuri

Koi Shiro Utsuri
Source: Google

Shiro Utsuri mempunyai perbedaan yang paling mencolok diantara semua ikan yang ada diatas. Ia memiliki karakteristik warna dasar berwarna hitam dan mempunyai corak berwarna putih. Kualitas yang paling bagus dari jenis ini adalah adanya variasi corak didaerah kepala.

10. Kumpay Slayer

Koi Kumpay Slayer atau orang sering menujulukinya Koi Butterfly memiliki karakteristik yang berbeda dari koi-koi yang lain karena sirip yang mereka miliki menjuntai seperti halnya sayap kupu-kupu, itulah mengapa ikan ini mendapatkan julukan Butterfly Koi.

Kelebihan Ikan Koi

Setelah membuat daftar jenis-jenis Koi unggulan, mungkin kalian akan bertanya apasih keunggulan dari ikan koi itu? Disini saya akan coba menjawab pertanyaan yang mungkin meresahkan anda.

Ikan Koi Tidak Diktator dan Sangat Jinak

Tidak ada istilah pemimpin atau bos yang menindas rakyatnya pada sekumpulan ikan koi, dan tidak ada pejantan yang kasar terhadap betinanya. Sebagai penghuni lama kolam, koi tidak akan menyiksa ikan atau koi pendatang baru lainnya. Koi sangat ramah terhadap sesama.

Baca Juga:

Apa Itu Bahan Wolfis? Apa Saja Keunggulan dan Kekurangannya?

Koi juga sangat jinak. Jika kita sudah mempunyai koi sejak lama dan terbiasa bermain dengannya, kita bisa akrab dan memberinya makan menggunakan tangan kita sendiri, berbeda dengan ikan lain yang jika ada manusia malah langsung kabur, tapi koi berbeda.

Koi akan mendatangi dan memakan makanan yang kita pegang dengan tangan kita tanpa tergesa-gesa, dan bahkan jika kita memberi makan menggunakan tangan dengan jarak agak diatas permukaan air, koi akan mengeluarkan moncongnya untuk mengambil makanannya.

Dan uniknya lagi, koi sama halnya seperti kita memelihara anjing atau kucing yang bisa kita beri nama. Koi akan mendekat jika kita memanggil namanya sesuai dengan nama yang kita telah berikan.

Tidak Pilih-Pilih Makanan

Jika kita mempunyai kolam dirumah, dan biasanya ada acara makan-makan keluarga dirumah, pasti ada saja anak kecil yang iseng mencemplungkan bekas-bekas makanan atau tulang ayam kedalam kolam ikan. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena koi bisa memakannya.

Itu merupakan salah satu keunggulan dan sebab koi mudah diperlihara karena koi tidak pilih-pilih terhadap makanannya. Berbeda dengan ikan-ikan lain yang memilih-milih makanannya. Koi dapat memakan makanan hewani ataupun nabati (tumbuh-tumbuhan).

Mudah Menyesuaikan Diri

Koi juga dikenal mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Koi hampir bisa hidup disemua tempat, jadi kita jangan berkecil hati jika ingin memelihara koi dan hanya mempunyai lahan kolam yang kecil, dengan catatan airnya rutin diganti.

Kekurangan Ikan Koi

Walaupun memiliki segudang keunggulan, kita harus siap dengan segala kekurangan dan penyakit yang biasa menjangkit Koi jika kita tidak telaten dalam merawatnya.

Koi Suka Melompat

Kematian yang sering melanda Koi pada awal-awal masuk ke kolam baru, suka melompat keluar, dan akhirnya mati karena kita tidak tau, biasanya disebabkan karena volume air yang terlalu tinggi.

Solusinya kita bisa membuat volume air lebih rendah, dan jauh dari bibir kolam agar kalo Koi melompat akan jatuh ke air lagi. Atau cara lainnya dengan memasang jaring paranet.

Parasite

Koi dapat terjangkit parasit pada tubuhnya juga. Parasite yang lumayan populer adalah kutu jangkar. Parasit pada Koi bisa membuat Koi mati secara perlahan-lahan. Karena Parasite pada Koi menyebabkan luka-luka dan infeksi pada badan Koi.

Mungkin hanya itu yang dapat saya rangkum artikel mengenai karakteristik, kelebihan, serta kekurangan ikan koi yang perlu kalian perhatikan.

Wassalam

Leave a Reply

Close Menu