Ikan Guppy

Ikan Guppy

Siapa yang tidak familiar dengan ikan cilik satu ini. Poecilia reticulata guppy begitu nama latin dari ikan ini. Perairang dengan arus tenang menjadi habitat aslinya. Ikan Guppy diambil dari nama sang penemu yakni John Lechmere Guppy.

Ikan Guppy dikenal dengat sifatnya yang bersahabat dan bisa berdampingan dengan ikan jenis lainnya didalam satu aquarium, dengan catatan tidak digabungkan dengan ikan predator.

Sebelum Ikan Guppy menjadi penghias aquarium, awalnya ikan guppy hanya dijadikan sebagai pembasmi hama penyakit malaria dengan memakan jentik-jentik nyamuk yang berada di air-air keruh.

Namun seiring berjalannya waktu, populasi ikan Guppy tidak seimbang dengan populasi jentik nyamuk yang semakin banyak pada zaman itu. Ikan ini banyak berdomisili asli di Amerika Selatan dan Tengah.

Mungkin bagi kita yang hidup di Indonesia mengenal ikan ini dengan sebutan ikan gapi, ikan cere. Tapi itu semua hanya sebutan untuk Guppy yang sering kita temukan diselokan-selokan dekat rumah kita yang notabene adalah ikan biasa, tidak ada istimewanya.

Berbeda dengan Guppy dari hasil budidaya yang memiliki corak yang indah dan jauh lebih cantik dibanding Guppy yang biasa kita temukan diselokan-selokan komplek rumah kita.

Kalau kita melihat secara sekilas, Guppy memang sedikit mirip dengan ikan cupang, karena sama-sama mempunyai corak tubuh yang indah dan beragam.

Tapi perbedaan dari kedua ikan ini ada pada sifat dan ukurannya. Seperti yang sudah ditulis diatas bahwa Guppy mempunyai sifat yang ramah dan juga bisa bergaul bersama spesies lainnya didalam satu aquarium. Berbanding terbalik dengan sifat yang dimiliki ikan cupang.

Zaman sekarang, Guppy tidak lagi hanya sebatas untuk hiasan pada aquarium belaka, tetapi sudah masuk kedalam kontes kecantikan layaknya ikan-ikan hias lain.

Di Indonesia sendiri sudah banyak pagelaran kontes Guppy diberbagai daerah. Kontestannya pun beragam. Mulai dari daerah-daerah yang berada di Indonesia, sampai dari luar Indonesia.

Itulah alasannya mengapa harga Guppy sangat mahal zaman sekarang. Apalagi Guppy yang memenangi kontes tersebut akan merubah harga jualnya melambung tinggi hingga menyentuh angka yang sangat fantastis.

Jenis Guppy Beserta Harganya

Setelah memahami sejarah Guppy, saya akan mambahas tentang jenis-jenis Guppy unggulan beserta harganya. Mungkin bisa menjadi refrensi untuk kalian yang berniat mengias aquarium dengan mengisi Guppy.

1. Guppy Black Moscow

guppy black moscow
Source: Google

Karakteristik dari Guppy ini adalah memiliki ciri khas berupa warna hitak pekat dari ujung kepala hingga ekornya. Sesuai dengan namanya, Guppy ini berasal dari Moscow, Rusia.

Ikan ini akan membuat aquarium kita semakin elegan karena warnanya yang eksotis. Banderol dari ikan ini berkisar antara Rp 25.000 sampai dengan Rp 250.000 tergantung dengan kualitas Guppy tersebut.

2. Guppy Full Platinum

guppy full platinum
Source: Google

Berbanding terbalik dengan Black Moscow, Guppy full platinum mempunyai warna mmenyerupai platinum atau putih. Jika kita memadukan Guppy ini bersamaan dengan Black Moscow, saya rasa akan menambahkan kesan elegan aquarium kita dirumah. Guppy ini mempunyai banderol yang lumayan mahal, yaitu berkisar diangka Rp 350.000.

3. Guppy Japan Blue

guppy japan blue
Source: Google

Guppy pribumi jepang ini memiliki warna biru terang dengan corak totol hitam dan ada juga yag bercorak garis hitam disekujur tubuhnya. Banderol dari ikan asli Jepang ini berkisar diangka Rp 25.000 sampai Rp 150.000

4. Guppy Ribbon

guppy ribbon
Source: Google

Untuk mendapat spesies ini sangat sulit, bisa dibilang cukup langka karena Guppy jenis ini sangat sulit untuk dikawinkan. Jika kalian hendak membeli ikan ini, pikir-pikir lagi dengan harga yang dibanderol mencapai 6 digit angka, yakni Rp 1.000.000.

5. Guppy Magenta

guppy magenta
Source: Google

Guppy Magenta memiliki tubuh yang kecil walaupun umurnya sudah dewasa, dan juga memiliki warna pink dihias dengan bermacam corak dengan warna yang berbeda-beda

Guppy yang tidak tumbuh secara wajar seperti Guppy seyogyanya ini juga memiliki ekor yang kecil sama seperti badannya. Tetapi itulah yang membuatnya unik. Guppy ini dibanderol berkisar antara Rp 25.000 sampai Rp 150.000

6. Guppy Mini Panda

guppy mini panda
Source: Google

Dengan hanya membaca namanya pasti kita sudah terngiang akan beruang lucu berwarna hitam dan putih. Ya, Guppy ini memang mempunyai warna yang sama seperti Panda asli pada umumnya.

Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Koi Unggulan

Sama seperti panda, Guppy ini memiliki warna putih dibagian kepala hingga bagian perutnya, sedangkan warna hitamnya mendominasi sirip-siripnya hingga ke ekor. Banderol dari Guppy ini berkisar diangka Rp 25.000 sampai Rp 100.000.

7. Guppy Platinum Mozaic Big Ear

guppy mozaic big ear
Source: Google

Guppy ini memiliki warna biru pada ujung ekornya. Guppy ini memiliki campurang warna yang biasanya oren kekuningan dan campuran corak hitam dibagian ekornya.

Ikan ini hampir sama dengan Guppy Dragon. Yang membedakannya hanyalah dibagian coraknya saja. Sirip Guppy ini akan melebar jika sudah dewasa, itulah mengapa dinamakan Big Ear. Harga dari Guppy ini berkisar diangka antara Rp 100.000 sampai Rp 350.000.

8. Guppy Dragon Big Ear

guppy dragon big ear
Source: Google

Seperti namanya, Guppy ini memiliki sirip disebelah insangnya yang dapat melebar jika sudah cuku berumur. Jika masih dalam usia 1-3 bulan, siripnya belum terlalu terlihat bentuknya.

Guppy ini memiliki corak yang sama dengan Guppy Platinum Mozaic Big Ear. Yang membedakan hanyalah corak dari Guppy ini lebih beraturan dibandingkan dengan Mozaic Big Ear. Untuk banderol dari ikan ini berkisar diangka Rp 100.000 sampai Rp 350.000.

9. Guppy German Platinum Crown Tail

guppy german platinum crowntail
Source: Google

Guppy ini memiliki keuniian tersendiri dibandingkan dengan Guppy dari jenis yang lainnya, karena Guppy ini memiliki ekor yang membentuk seperti mahkota raja.

Bentuk ekornya sama persis seperi ikan cupang yang berjenis serit. Tetapi Guppy ini masih langka dan susah ditemui karena belum banyak yang bisa mengembang biakkannya. Banderol dari Guppy ini berkisar diangkat Rp 350.000.

10. Guppy Red Lace

guppy red lace
Source: Google

Guppy Red Lace merupakan salah satu jenis Guppy albino karena matanya yang merah alias tidak memiliki pigmen warna melanin (hitam). Red Lace memiliki corang yang sangat indah dan juga sirip ekornya yang lebar menambah keindahan dari Guppy ini. Guppy ini dibanderol diangkat sekitar Rp 100.000 sampai Rp 250.000.

Tips Memelihara Ikan Guppy

Setelah mengetahui jenis-jenis unggulan diatas, saya akan memberikan tips bagaimana caranya merawat Guppy dengan baik dan benar. Karena percuam kita membeli Guppy mahal-mahal kalau kita tidak tau cara merawatnya.

Pertama

Adakan pergantian air didalam aquarium secara rutin 2 atau 3 minggu sekali, atau bisa juga dilihat kalau airnya sudah keruh, dan juga jaga suhu air agar stabil di 15-27 derajat celcius.

Kedua

Beri oksigen didalam aquarium, karena aquarium harus memiliki cukup oksigen. Bisa menggunakan pompa air atau alat penyembur gelembung agar oksigen didalam aquarium tetap terjaga.

Ketiga

Beri makan Guppy 2×1 hari. Jangan meberi makan secara terus-terusan, tapi berilah makan secara teratur. Guppy bisa memakan makanan yang alami seperti cacing, jentik nyamuk, ataupun lumut. Tapi jangan luoa utuk dibagi menjadi kecil-kecil karena mulut Guppy kecil.

Mungkin hanya itu tips dan jenis-jenis Guppy yang dapat saya rangkum, Guppy bisa untuk tujuan hiasan aquarium belaka, atau bisa juga kita ternakkan. Semua berada ditangan anda masing-masing mau menjadikannya apa.

Wassalam

This Post Has One Comment

  1. mirip sama ikan cupang yah

Leave a Reply

Close Menu