Ide Hiasan Dinding dari Kain Flanel Yang Mudah Dibuat (Cocok Untuk Anak-Anak)

Menghias dinding dengan berbagai kerajinan menjadi salah satu pilihan oleh kebanyakan orang. Sebab, hal itu dapat membuat suasana rumah lebih hidup dan berwarna. Dinding rumah yang kosong atau polos tanpa adanya dekorasi kadang terlihat membosankan.

Belum lagi, jika dirumah ada anak-anak yang kebanyakan dari anak-anak menyukai warna-warni yang membuat bisa mengenal warna, dan juga membuat mereka betah dirumah.

Pada zaman seperti ini, banyak pilihan hiasan dinding yang menarik dan mudah dibuat sendiri dirumah. Dengan hanya bermodalkan gadget yang tersambung dengan internet, kita bisa membuat kerajinan-kerajinan yang unik.

Bahan-bahan yang digunakan pun cukup beragam, mulai dari kayu, logam, kertas, batu, hingga macam-macam kain. Diantara banyaknya bahan-bahan tersebut, kain flanel merupakan salah satu yang paling mudah untuk dikreasikan menjadi hiasan dinding.

Kain ini memiliki tekstur kain yang unik, sehingga sangat mudah untuk dibentuk-bentuk menjadi beragam hiasan dinding yang menarik. Ditambah lagi dengan harganya yang murah.

Dan juga, kain flanel mempunyai ragam warna yang sangat banyak, dari cerah, lembut, hingga gelap sekalipun ada. Sehingga kita tidak perlu kebingungan untuk mencari warna dari kain flanel itu sendiri.

Menggabungkan warna yang banyak itu menjadikannya kedalam satu kesatuan kerap dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Karena yang sudah dibilang diawal tadi bahwa kain flanel sangat mudah dibentuk-bentuk jadi tidak menyulitkan kita dalam berkreasi.

Cara yang digunakan untuk membuat hiasan dinding dari kain flanel pun beragam, sebab kain ini mudah untuk disatukan, mau itu dengan dijahit, atau direkatkan saja sudah bisa.

Jika kita tidak memiliki keterampilan dalam hal jahit-menjahit atau sulam-menyulam, kita bisa menggunakan lem tembak sebagai alternatif untuk merekatkannya.

Seperti yang sudah saya katan juga diawal bahwa harganya yang cukup terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa kain flanel banyak dipilih orang sebagai bahan dalam membuat hiasan dinding dari kain flanel.

Sudah mudah, murah, dan menarik. Mungkin ketiga hal itu tentu akan menjadikannya sebuah pertimbangan untuk membuat berbagai hiasan dinding yang unik dari kain flanel ini.

Berikut 2 ide yang bisa kalian tiru untuk membuat hiasan dinding dari kain flanel.

1. Hanging Cloud

Dekorasi dinding dari kain flanel brebentuk awan hujan
Source: Google

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kain flanel
  • Kertas karton untuk menggambar pola
  • Benang (untuk menjahit dan meggantung)
  • Dakron, kapas, atau kapuk

Peralatan yang perlu disediakan

  • Pensil
  • Gunting
  • Jarum pentol
  • Jarum jahit atau mesin jahit atau lem tembak

Langkah-langkah untuk membuatnya

  1. Ambil selembar karton dan gambar pola cloud atau awan beserta dengan pola rintik-rintiknya. Perhatikan perbandingan ukuran antara awan dengan rintik-rintik hujannya, sehingga terlihat seimbang dan proporsional.
  2. Gunting pola yang sudah digambar dan gunting kain flanel sesuai dengan pola yang sudah digambar dikarton. Lakukan dengan hati-hati agar hasil guntingan terlihat rapi dan tidak berantakan di tepinya.
  3. Gunting setiap pola menjadi 2 bagian atau sepasang. Gunanya agar bisa direkatkan dan dibentuk sesuai keinginan masing-masing, dan kalau bisa gunakan warna yang berbeda untuk awan dan rintik hujannya agar terlihat lebih bagus.
  4. Satukan potongan kain flanel yang sudah dibuat sepasang menggunakan jarum pentol agar tidak tergeser-geser ketika ingin dijahit.
  5. Lalu, jahit tepian flanel yang telah ditahan oleh jarum pentol tadi, dan jangan lupa sisakan kira-kira 4 centi celah untuk dimasukkan kapas atau dakron atau tisu kedalamnya. Jahit dengan teliti agar tidak mudah robek dan berantakan.
  6. Isi kain flanel yang sudah dijahit dan menyisakan celah tadi menggunakan tisu atau dakron atau kapuk yang telah dipersiapkan. Atur isinya agar terlihat proporsional dan tidak terlalu ramping.
  7. Jika hiasan dinding yang terbuat dari kain flanel tadi sudah terisi, buatlah hiasan-hiasan yang menarik dipermukaannya agar lebih terlihat menarik dan lebih hidup. Tambahkan hiasan seperti mata, mulut, ataupun hiasan yang lainnya menggunakan warna yang berbeda dari dasar awan.
  8. Setelah selesai dihias, jangan lupa untuk menjahit bagian yang tadi belum dijahit secara utuh agar bisa digantung.
  9. Jahit juga rintik-rintik hujan pada benang dengan berjejer secara acak kearah bawah.
  10. Jika sudah selesai, gantungkan hiasan yang telah jadi didinding kamar kalian. Hiasan dinding dari kain flanel sudah selesai.

Dekorasi hiasan dinding dari kain flanel yang selanjutnya adalah

https://www.youtube.com/watch?v=yYjkf5UKkPk

2. Hati Warna-warni

Hiasan dinding dari kain flanel berbentuk hati warna-warni

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Kain flanel dengan beragam warna (usahakan yang berwarna merah dan sejenisnya)
  • Kertas karton untuk menggambar pola
  • Benang untuk menggantung
  • Dakron, kapas, atau kapuk untuk menjadi isinya
  • Sepotong kayu berukuran kecil (diameter 2-3 cm) untuk menggantungkan hiasan tersebut didinding.

Alat-alat yang harus dipersiapkan

  • Jarum atau mesin jahit
  • Gunting
  • Pensil untuk menggmabar pola
  • Gunting

Langkah-langkah pembuatannya

  1. Gambar pola berbentuk hati pada kertas karton, buat ukuran sedang atau sesuai keinginan. Gunting pola dengan hati-hati agar rapih.
  2. Gunting kain flanel sesuai dengan pola yang digambar dikarton, potong kain flanel masing-masing dengan berpasangan. Usahakan gunakan warna yang berbeda beda antara satu dengan yang lainnya.
  3. Buatlah kira-kira 15 pasang atau juga tergantung keinginan anda menjadi warna yang berbeda-beda, tapi samakan warna setiap pasangannya.
  4. Jahit setiap kain flanel yang sudah dipasangkan, berikan celah sedikit (kira-kira 3 cm) untuk memasukan isi dakron, kapas, atau kapuk ataupun yang anda sudah persiapkan.
  5. Lalu, isi bagian dalam flanel dengan kapas, dakron, atau kapas yang telah anda persiapkan, lalu jahit seluruh bagian flanel dengan hati-hati agar jaitannya rapih. Buat isi hati agar tidak terlalu ramping dan tidak terlalu berisi juga.
  6. Beri hiasan dipermukaan hati sesuai keinginan anda, bisa menggunakan kancing warna-warni, kain flanel yang berbeda warna, juga bisa manik-manik agar gantungannya lebih menarik.
  7. Gantung hiasan hati yang sudah jadi dengan posisi berjejer kebawah dengan menggunakan benang. Berilah jarak antara gantungan hati yang satu dengan yang lainnya kira-kira 6-8 cm. Gantungi masing-masing benang dengan hiasan hanti berjumlah 5 buah, sehingga ada 3 hiasan dinding yang siap untuk digantung.
  8. Gantung hiasan hati didalam 1 benang dengan warna yang tidak beraturan agar lebih menarik.
  9. Siapkan kayu yang sudah disiapkan tadi, lalu dibersihkan dihaluskan pada permukaannya agar terlihat rapih.
  10. Lalu, potong kayu dengan ukuran 4 cm, lalu kaitkan benang tebal tepat dibagian tengah kayu, beri jarak 10 cm pada masing-masing ujung benang dari masing-masing ujung kayu. Benang tersebut berfungsi sebagai gantungan untuk hiasan dinding dari kain flanel berbentuk hati yang sudah kita buat, jadi ikatkan dengan erat dan kencang.
  11. Setelah kayu dan benang sudah jadi, ikatkan gantungan hati yang telah dibuat kekayu tadi. Gantungan yang pertama dikaitkan tepat ditengah kayu agar seimbang, lalu gantungan hati yang lainnya dikaitkan pada masing-masing ujung kayu (Beri jarak dari sisi kayu).
  12. Aturlah jarak gantungan yang ditepi kayu tadi sampai benar-benar seimbang. Dan juga atur ketinggian dari masing-masing gantungan hati agr terlihat lebih bagus, misalnya dengan membuat bagian sampingnya lebih panjang dari bagian tengahnya.
  13. Jika sudah selesai dan letaknya seimbang, maka hiasan dinding dari kain flanel sudah bisa menghiasi kamar atau ruangan anda.

Mungkin hanya itu 2 ide hiasan dinding dari kain flanel yang bisa saya lampirkan, semoga bisa dipraktekan. Terima kasih.

Wassalam

Leave a Reply

Close Menu