Curug Luhur

Curug Luhur

Bogor merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa barat. Bogor termasuk salah satu dari jajaran kota metropolitan yang berada di Indonesia. Hal itu disebab karena Bogor menjadi kota penyokong dari ibukota Jakarta.

Kota Bogor menyokong ibukuto Jakarta mulai dari segi ekonomi sampai objek wisatanya. Nah, salah satu objek wisata yang ada di Bogor yang saya akan bahas adalah Curug Luhur.

Baca juga – Leuwi Lieuk, Surga dipinggiran Jakarta

Curug Luhur adalah salah satu dari banyaknya pilihan destinasi wisata alam berupa air terjun di Bogor yang memiliki panorama yang sangat indah.

Selain mempunyai banyak destinasi wisata alam, bogor juga memiliki destinasi wisata buatan. Destinasi wisata yang ada di Bogor sering membuat masyarakat dalam ataupun masyrakat luar kota berhasrat untuk mengunjungi Bogor.

Letak Curug Luhur

pelang selamat datang di Kota Bogor
Source: Google

Curug Luhur berlokasi di Desa Gunung Malang, Kecamatan Ciomas, Kota Bogor. Curug ini masih didalam satu area Taman Nasional Gunung Hlimun. Jarak dari kota Bogor sampai ke Curug ini hanya berjarak 20 sampai 23 kilometer, dan bisa ditempuh dalam durasi 60 sampai 80 menit saja.

Disepanjang perjalanan menuju curug dari kota Bogor, kita akan disuguhkan dengan pemandangan dari area pedesaan dengan sawah hijau yang membentang luas. Jika kita pergi pada pagi hari, tak jarang kita akan menemui kabut yang kadang menyelimuti jalanan.

Kabut yang menyelimuti jalanan terjadi karena memang kota Bogor memiliki hawa yang cukup dingin, dan suhu udara yang minim. Maka tak heran jia banyak penduduk dari jakarta ataupun kota-kota disekitar sering berkunjung ke Bogor untuk melepas penat dan menenangkan diri dari hiruk pikuk kota.

Curug Luhur menjadi salah satu dari banyaknya pilihan destinasi para orang kota untuk menjadi tempat mereka refreshing. Hawa yang sejuk dan memiliki panorama yang indah yang ada disana mampu membuat rasa penat hilang begitu saja, dan berasa ingin berlama-lama disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Luhur

Curug luhur termasuk kedalam salah satu curug yang memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Curug ini memiliki ketinggian sampai 50 meter. Tidak hanya itu, dibawah curug ini juga bisa kita temukan kolam yang memiliki kedalaman 7 meter. Kolam tersebut terbentuk karena derasnya aliran air yang disebabkan oleh curug.

Pada awalnya, kolam yang berada dibawah curug ini mempunyai kedalan hingga 15 meter, tetapi untuk keamanan dan kenyamanan para pengunjung, pengelola curug memutuskan untuk mengikis kedalam kolam dengan menambah material alam seperti baru, tanah, kerikil dan material lainnya.

Curug ini memiliki air yang sangat dingin dan sejuk. Hal inilah yang membuat para pengunjung betah berlama-lama bermain dikolam curug ini. Tetapi tidak disarankan bagi anda yang tidak bisa berenang untuk berenang dikolam ini.

Karena, volume air yang yang turun dari curug sangat deras, dan ditambah lagi dengan kolam yang dalamnya hingga 7 meter. Hal itu akan membahayakan diri anda sendiri.

Tetapi untuk anda yang tidak bisa berenang, anda tidak perlu kecewa. Karena disekitar dari tempat curug utama berada, juga terdapat 2 kolam renang besar yang cocok bagi para orang yang tidak bisa berenang.

kolam renang yagn berada di curug luhur
Source: Google

Anda juga tidak perlu khawatir dengan air yang memenuhi kolam renang, karena air yang berada dikolam renang juga menggunakan air dari pegunungan asli. Jadi, rasanya juga sejuk dan ingin seperti air yang berada dikolam dibawah curug. Pengelola curug mengambil air untuk kolam renang langsung dari mata air yang terdekat.

Dan bagi anda yang tidak ingin bermain basah-basahan ataupun berenang, anda bisa bersantai digazebo dan taman yang sudah disediakan oleh pengelola curug. Dan juga, didekat curug tersedia curug mini hasil buatan para warga, jadi banyak solusi untuk anda yang tidak bisa berenang, tetapi ingin merasakan kesejukan airnya.

Rute untuk Menuju Curug Luhur

Ada beberapa pilihan rute jalan yang bisa anda lewati, disini saya akan mejelaskan 2 rute yang bisa anda lalui.

Rute Pertama

Jika anda berangkat dari kota Jakarta, anda bisa melalui kebun raya empang, lalu daerah Cikaret, kemudia menuju ke Ciapus. Rute ini tidak terlalu padat akan kendaraan dan juga tidak macet karena melewati jalan tikus atau jalur alternatif lewat jalan perkampungan. Rute ini cocok untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi roda emat ataupun roda dua.

Rute Kedua

Rute yang selanjutnya adalah, dari arah Bogor, kita menuju Bogor trade mall, lalu ke Museum Zoologi, kemudian meunuju ke Ciaput. Rute ini bisa dilewati dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkot atau bis antar kota. Tetapi bagi anda yang ingin melewati jalur ini menggunakan kendaraan priba tidak jadi masalah.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh Curug Luhur, kita harus merogoh kocek sebesar 40 ribu per orang. Dengan harga segitu, tentunya sangat cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan.

Dengan 40 ribu rupiah juga kita bisa menikmati berbagai panorama alam dan pemandangan yang indah. Dan bila anda menggunakan mobil pribadi, maka anda akan dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk kendaraan beroda empat, dan 8 ribu rupiah untuk kendaraan beroda 2.

Fasilitas yang Tersedia

Disamping mempunyai panorama yang indah, curug ini juga memiliki banyak fasilitas yang memadai. Anda bisa mendapati berbagai fasilitas yang ada seperti are parkir yang luas, toilet umum yang bersih, musholla, gazebo, cafe, warung makan, tempat penjual souvernir, dan masih banyak fasilitas yang lainnya.

Untuk anda yang tidak ingin berenang dan bermain basah-basahan, dan hanya ingin menikmati keindahan panorama yang disuguhkan oleh curug, anda bisa berduduk santai didalam gazebo dengan cara menyewanya.

Jika gazebo sudah terisi semua, anda tidak perlu khawatir karena ada tempat penyewaan tiker juga. Dan jika anda merasa lapar dan haus, pihak pengelola juga sudah menyediakan beberapa cafe dan warung yang menyediakan makanan dan minuman yang tentunya enak.

Makanan dan minuman yang dijual di curug ini harganya bisa dibilang murah, tidak seperti tempat-tempat wisata lain yang kadang suka menggetok harga. Jadi kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan tidak boros.

Jam Operasi Curug Luhur

ilustrasi open
Source: Pexels, By: Artem Bali

Curug ini buka dan mulai beroperasi mulai dari jam 8 pagi dan sudah berhenti operasi atau tutup pada jam 6 sore waktu indonesia barat. Untuk anda yang berminat mengunjungi curug ini, disarankan untuk mengunjunginya saat musim kemarau tiba, karena jika anda mengunjuginya saat musim hujan, curah air dari curug sangat deras, dan khawatir akan mebahayakan diri anda.

Jadi kesimpulannya, curug ini sangat worth it untuk dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu weekend anda bersama kerabat ataupun keluarga. Selain harganya yang terjangkau, curug ini juga menyuguhkan panorama yang indah ditemani dengan udaranya yang sejuk.

Leave a Reply

Close Menu