Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan objek wisata yang terkenal dengan panorama yang indah dan airnya yang jernih. Curug ini mempunyai ciri-ciri air terjunnya yang kecil dengan kolamnya yang luas.

Curug ini juga biasa dikenal dengan nama curug bengkok, dan nama Leuwi Hejo sendiri diambil dari bahasa setempat yakni sunda. Luewi artinya kolam, dan hejo artinya hijau. Jika kita sudah tau namanya, pasti kita sudah terbayang bagaimana kira-kira rupa dari curug ini.

Keutamaan dari curug ini adalah sumber airnya yang jernih, yang menyebabkan banyak menarik pengunjung untuk berenang dan mandi disekitar lokasi curug ini. Dan juga banyak para pengunjung yang mengabadikan keindahan panorama dari curug ini dengan kamera mereka.

Selain curug ini, disekitar lokasi ini pun banyak curug lainnya, seperti Curug Cepet, Curug Leuwi Lieuk, dan Curug Lewi Bagon. Jika anda berkunjung ke Luwi Hejo, jangan lupa untuk mengunjungi juga curug-curug yang ada disekitarnya. Sambil menyelam minum air.

Curug ini pernah ditutup untuk sementara waktu karena longsor yang menimpa kawasan sekitar. Tetapi, setelah diperbaiki dan diperindah, curug ini sudah dibuka kembali dengan beberapa fasilitas tambahan. Jadi, para pengunjung sudah bisa menikmati tempat wisata ini dengan lebih aman.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tenfah, Babakan Madang, Sentull, Kota Bogor. Untuk bisa sampai ke curug ini, kita harus menghabiskan perjalanan darat sejauh 10 kilometer dari pusat kota Bogor yang hanya memakan waktu kira-kira 20 sampai 45 menit.

Tetapi, jika kita berangkat dari Jakarta, perjalanan yang akan kita lalui asejauh 50 kilometer. Jika dikonversi menjadi waktu, maka waktu yang akan kita habiskan adalah kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Tetapi, disepanjang perjalanan menuju lokasi wisata yang indah ini, kita tidak akan langsung disuguhi pemandangan alam yang indah, karena kita melewati kota Bogor yang notabene adalah kota metropolitan.

Namun walau demikian, jika cuaca di Bogor sedang mendukung dan cerah, kita akan mendapati gunung yang menjadi sonbol kota Bogor yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Keindahan Panorama yang Dimiliki Curug Leuwi Hejo

Keindahan Curug Leuwi Hejo
Source: Google

Curug ini adalah salah satu dari sekian banyakanya pilihan wisata air terjun yang ada di Bogor. Walaupun Bogor memiliki banyak sekali wisata yang bertemakan air terjun, tetapi tidak menutup keunika serta keindahan yang dimiliki oleh curug yang satu ini.

Dan juga, curug ini sering disebut sebagai Green Canyon-nya Bogor dikarenakan kolam yang berada dibawah air terjun ini memiliki warna hijau toska yang semakin membuat keindahannya bertambah.

Ditambah lagi, kolam yang berwarna hijau toska itu memiliki air yang sangat sejuk dan jernih, dan saking jernihnya kolam ini, kita bisa melihat dasar kolam yang mengandung tanah dan bebatuan. Dan juga, jika kolamnya terpantul sinar matahari, maka akan ada refleksi dari cahaya matahari dan juga membias. Semakin penasaran?

Dan pastinya para pengunjung bisa berenang didalamnya. Tapi kita harus tetap berhati-hati karena bebatuan yang ada didasar kolam sangatlah licin. Untuk kita yang tak pandai berenang disarankan untuk tidak nyemplung ke kolam untuk mengurangi resiko kecelakaan. Untuk informasi, kolam ini mempunyai kedalaman kita-kira 1,5 meter.

Curug ini mempunyai air terjun yang pendek, tidak seperti Curug Luhur. Tinggi dari air terjun yang ada dicurug ini hanya 2 meter, tetapi memiliki tebing tinggi yang mengelilinginya.

Rute untuk Sampai ke Curug

Rute dari Jakarta

Jika kita mengendarai kendaraan beroda empat, kita bisa langsung masuk ke jalan tol dan langsung keluar di pintu Tol Sentul, kemudian ambil arah ke kawasan jungleland.

Abis keluar dari Sentul, perjalanan dilanjutkan ke Desa Cibadak, dan akses jalan hanya bisa dilewati oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor. Sedangkan untuk bis dan sejenisnya belum bisa sampai lokasi karena akses jalan yang kecil, dan juga memiliki beberapa turunan dan tanjakan yang cukup ekstrem dengan kelokan yang curam sehingga kendaraan besar tidak mungkin untuk bisa lewat.

Rute dari Bogor

Awalnya, kita harus pergi ke daerah Sentul City, kemudian jika kita sudah melewati Gian Department Store, ambil jalur berbelok kearah Rainbow Hills golf dan polsek Babakan Madang. Setelah itu kita hanya perlu berjalan lurus.

Ilustrasi jalan menanjak
Source: Google

Jika kita sudah sampai dilokasi, kendaraan yang kita gunakan diparkirkan ditempat yang sudah disediakan, kita harus berjalan tanpa menggunakan kendaraan melewati jalan setapak dan mendaki selama kurang lebih setengah jam untuk sampai ke curug.

Jalan yang akan dilalui adalah berupa jalan setapak yang terbuat dari tanah dan ada beberapa anak tangg ayang terbuat dari batu-batu kali, yang mana kalau cuaca sedang buruk atau hujan akan sangat licin, tetapi perjalanan untuk sampai tidak akan terasa karena pemandangan yang disuguhkan serta suara gemuruh air seungai menemani sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Tiket Masuk Leuwi Hejo

Untuk bisa menikmati panorama yang disuguhkan oleh curug ini, kita harus merogoh kocek yang tidak banyak, yakni hanya sebesar 15 ribu ripiah per orangnya, dan jika kita membawa kendaraan pribadi, kita harus membayar 8 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Dengan harga yang rendah seperti itu, kita sudah bisa menikmati panorama alam yang sangat indah dan juga sudah bisa menikmati fasilitas yang sudah ada.

Fasilitas yang Tersedia

Salah satu pintu masuk Leuwi Hejo
Source: Google

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola dari curug ini cukup lengkap, jadi membuat kita para wisatawan tidak kesulitan. Fasilitas yang ada antara lain, tempat parkir yang luas, toilet, gazebo, dan lain-lain.

Jika kita lapar, pengelola juga sudah mempersiapkan beberapa warung makan. Jadi kita tidak perlu bingung jika kita ingin membeli makanan atau minuman.

Jam Operasi Curug Leuwi Hejo

Curug ini beroperasi dan buka setiap hari pada jam 8 pagi, dan berhenti beroperasi atau tutup jam 5 sore.

Penginapan di Curug Leuwi Hejo

Jika kita berniat untuk menikmati pemandangan curug untuk beberapa hari kedepan, kita bisa menginap dibeberapa penginapan yang ada didekat wilayah curug.

Disana tersedia beberapa gotel dan homestay yang terletak tidak jauh dari lokasi curug. Harga yang ditawarkan beragam sesuai dengan kocek anda, dan anda harus bersiap untuk merogoh kocek mulai dari 300 ribu sampai 1 juta rupiah per malamnya.

Dengan harga segitu, kita bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti kamar tidur, kolam renang, dan pastinya dapat sarapan pagi, dan masih banyak yang lainnya.

Jadi, objek wisata ini sangat worth it untuk kita yang bosan dengan suasana kota dan merasa lelah dengan segudang pekerjaan yang dikerjakan, karena pemandangan yang disuguhkan di curug ini mampu membantu merilekskan pikiran kita, dan juga sangat cocok untuk menghabiskan weekend bersama keluarga kita.