Cara Mengetik 10 Jari dengan Benar dan Mudah

Cara Mengetik 10 Jari dengan Benar dan Mudah

Mengetik dikomputer atau dilaptop mungkin merupakan kegiatan sehari-hari setiap orang pada zaman sekarang. Karena kita tidak lepas dari teknologi yang satu ini.

Banyak dari mereka yang memang menjadikan mengetik sebagai profesi, contohnya penulis artikel, jasa ketik, dan kerja kantoran pun tidak lepas dari mengetik.

Namun diantara itu semua, masih banyak orang yang belum mengetik menggunakan 10 jari. Mengetik 10 jari memang susah, apalagi untuk kita yang sudah terbiasa mengetik menggunakan 11 jari.

Padahal, mengetik 10 jari membuat kita lebih produktif dan membuat waktu kita efektif. Selain itu, mengetik 10 jari juga membuat muscle memory kita terlatih terkait dengan peletakkan jari-jari kita saat mengetik.

Berikut saya akan merangkum bagaimana caranya kita mengetik menggunakan 10 jari yang benar, dan juga efektif tentunya.

Hapus Kebiasaan Yang Buruk Dalam Mengetik

Yang pertama, mari kita hilangkan habbit kita yang buruk terlebih dahulu. Memang menghilangkan kebiasaan buruk dalam mengetik ini sangat susah.

Apalagi kalau cara kita sudah salah sedari awal kita mulai bermain komputer atau laptop sehingga kebiasaan itu terbawa sampai sekarang.

Banyak orang yang mengetik menggunakan 11 jari (termasuk saya dulu). Padahal mengetik menggunakan 11 jari sangat tidak efektif karena mata kita harus selalu melihat ke arah keyboard karena takut salah memencet tombol yang diingin.

Ya, walaupun kita bisa mengetik cepat hanya dengan menggunakan 11 jari memang karena kita terbiasa dengan hal itu. Walaupun demikian, kita tetap harus breaking the habbit.

Dan kita perlu mengetahui peranan dan posisi setiap jari kita terlebih dahulu sebelum kita melangkah lebih jauh, dan mulai ingin belajar mengetik 10 jari.

Yang Kedua, mari memulai untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, kita harus mulai belajar mengetik menggunakan 10 jari, dan mempraktekkannya langsung dikehidupan sehari-hari.

Baca juga: The Important Of HTML & CSS


Walaupun kita masih melihat keyboard dan masih lambat tidak mengapa, karena hal itulah yang akan melatih muscle memory kita.

Dan kita perlu mengetahui peranan dan posisi setiap jari kita terlebih dahulu sebelum kita melangkah lebih jauh, dan mulai ingin belajar mengetik 10 jari.

Peranan dan Posisi dari Setiap Jari

posisi 10 jari
Source: Google

Perhatian kita di sini adalah untuk mengetahui peranan atau fungsi dari tiap jari yang kita miliki. Dan agar mudah penjelasannya, saya akan membaginya menjadi dua bagian, yakni jari kanan dan jari kiri. 

Manakala ada satu jari saja yang tidak digunakan sebagaimana tugasnya, maka akan membuat tutorial kita tidak sempurna, apalagi jika kita sudah terbiasa dengan hal tesebut tentu akan sulit dirubah.

a. Tugas Jari Tangan Kanan

  • Telunjuk : Untuk tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Bertugas menekan huruf : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Pada huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Kelingking : Semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau slaha satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Telunjuk : Fungsinya untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Untuk huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : untuk huruf S, W, X, dan 2.
  • Kelingking : A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Menekan spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

Bagaimana caranya?

Kalau saya sendiri belajar mengetik 10 jari dengan menggunakan web-web dan software yang sudah tersedia di internet. Berikut saya rangkum web-web dan software typing tutor yang ada.

Yang Pertama adalah typing.com

typing.com: situs belajar mengetik 10 jari
Source: Screenshot

Kalau kita lihat dari domainnya saja memang sudah premium, dan yang pasti harga domainnya mahal. Lalu bagaimana dengan layanannya?

Nah ini saya sudah cek dan test sendiri. Pertama kali masuk kamu akan disuguhi langsung pilihan yang menarik karena disesuaikan banget dengan kebutuhan berbagai tingkat kemampuan, mulai dari Beginner, Intermediate, dan Advance.

Klik disini untuk menuju ke webnya.

Yang Kedua adalah typingtutor-online.com

Yang menarik dan menjadi alasan layanan latihan belajar teknik cara mengetik 10 jari ini dikatakan terbaik adalah karena pengguna website atau situsnya diberikan pilihan latihan pada tombol keyboard yang mana dari pihak pembuatnya sendiri menyediakan beberapa sesi.

Yaitu mulai dari Upper row atau baris tombol teratas, yakni dari Q sampi dengan huruf P, Home Row (tombol huruf A sampi L) dan juga Bottom Row (huruf ZM).

typingtutor-online.com: situs belajar mengetik 10 jari
Source: Screenshot

Dengan cara ini saya kira jauh lebih baik karena kita akan latihan secara bertahap menggunakan semua jari yang kita miliki dan pastinya semua akan menggunakan tugasnya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Mengenai tampilannya saya kira juga bagus karena menampilkan bentuk keyboard juga seperti yang pertama.

Klik disini untuk meunju webnya.

Yang Ketiga adalah www.tipp10.com/en/online

Kalau website yang satu ini jauh lebih lengkap lagi layanan belajar mengetik online-nya karena selain menyediakan praktek online langsung tanpa harus download, juga menyediakan software yang bisa diunduh lalu diinstall dalam komputer kita. 

Jadi tak butuh lagi internet untuk menggunakan aplikasinya.

Hanya saja kalau anda tak suka buat akun dan login segala maka mungkin ini tidak menyenangkan.

Tapi kalau Apk nya memang bagus kenapa tidak kita meluangkan sedikit waktu untuk mengisi beberapa kolom pendaftaran. Apalagi kita bisa memilih jenis software-nya apakah untuk Mac, Windows, Linus, Apple dan lainnya.

Klik disini untuk menuju webnya.

Masih Bingung Bingung Juga

Masih bingung juga? tenang, saya akan coba memberi 1 solusi yaitu dengan cara menonton video yang dulu saya tonton juga di YouTube. Kenapa harus YouTube? Ya karena memang sudah banyak orang yang membuat tutorial mengenai hal ini.

Source: YouTube

Saya pun awalnya belajar dari youtube, alasannya agar kita tahu dulu bagaimana prakteknya, baru kita meniru apa yang dilakukan sang tutor.

Tapi tetap saja, untuk melancarkannya kita juga akan tetap  diarahkan ke web-web pembelajaran mengetik 10 jari yang tersedia di internet.

Mungin hanya itu tips dari saya, yang saya rangkum dari pengalaman pribadi saya dalam mempelajari cara mengetik 10 jari. Saya pun masih dalam proses belajar agar bisa lebih cepat dan lebih baik lagi kedepannya.

Wassalam.

Leave a Reply

Close Menu