Cara Membuat Piscok Lumer

Cara Membuat Piscok Lumer

Cemilan dengan bahan dasar pisang sangat diminati oleh semua kalangan, mulai dari milenial sampai generasi X. Apalagi, sekarang makin banyak makanan hits dengan bertemakan pisang. Membuat para pecinta kuliner pasti penasaran.

Beberapa cemilan hits yang sekarang sedang ppuler antara lain: pisang geprek, pisang penyet, pisang nugget, dan piscok lumer yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Piscok atau kependekan dari Pisang Coklat merupakakan salah satu gorengan yang mengutamakan rasa giruh diluar dan manis didalamnya. Tidak sampai disitu, kenikmatan dari piscok lumer sudah bisa kita rasakan pada gigitan pertama, karena sensasi crispy tetapi ada lembut-lembutnya didalam.

Baca Juga: Kue Biji Ketapang (Cemilan asli Betawi).

Namun, seiring berkembangnya teknologi informasi, dan juga zaman yang semakin modern, sekarang piscok tidak berisi cokelat saja. Akan tetapi, bisa kita temukan rasa lainnya seperti piscok coklat keju, piscok saus strawberry, piscok blueberry, piscok cokelat batangan, piscok keju, dan masih banyak yang lainnya juga bisa kita rasakan.

Ada berbagai cara untuk membuat piscok lumer, mulai dari digoreng sampai dikukus, rasanya bakal tetep enak. Tinggal kita sendiri yang milih gimana mau masaknya.

Sebagai penikmat kuliner tentu kita tidak mau jika terus membeli terus cemilan yang dijual oleh toko langganan kita. Pasti kita juga pengen nyoba buat sendiri dirumah kan? Nah, semoga resep dan cara yang saya beri tahu dibawah nanti bisa kita coba dirumah.

Saran saya, jika kita ingin mendapatkan manis yang pas dan juga maksimal, kita harus memakai pisang yang sudah benar-benar mateng. Karena jika kita pakai pisang yang belom mateng, rasanya bakal ada sepet-sepetnya, dan itu bakal ngebuat piscok yang kita buat kurang enak.

Langsung saja, disini saya akan memberikan resep serta cara memasak piscok yang autentik, sampai piscok yang sudah mengalami perubahn karena zaman.

1. Piscok Lumer Autentik

Piscok Lumer
Source: Google

Yang pertama adalah piscok lumer yang rasanya belum diubah, atau bisa dibilang masih autentik.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Kulit Lumpia

  • Terigu : 1/4 kg
  • Tepung tapioka : 2 sendok makan
  • Putih telur : 1 dari 1 butir telur
  • Air : 3 gelas
  • minyak : 4 sendok makan

Isi

  • Pisang uli : 6 buah, belah menjadi 2 bagian memanjang
  • Selai cokelat : secukupnya

Cara Membuat Piscok Lumer Cokelat

Kulit

  1. Siapkan wadah, lalu campurkan semua bahan untuk membuat kulit kedalam wadah kecuali air. Setelah dimasukkan semua bahan, masukkan air sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk perlahan, aduk jangan sampai adonan menggumpal. Lalu, tuang air hingga adonan encer.
  2. Siapkan teflon, lalu dioles pake minyak sedikit. Bisa pake kuas.
  3. Angkat teflon dari kompor, lalu ambil satu sendok sayur adonan, abis itu ratain pake bagian bawah sendok sayur. Kalo teflon belum dipenuhin sama adonan, tambahin lagi sampe teflon ketutup semua sama adonan. Panggang terus sampe matang, ciri-ciri kalo udah mateng adalah bagian pinggir kulit kering dan kayak mengelupas.
  4. Angkat kulit dengan cara menuangkannya langsung ke wadah yang ceper, lalu jangan lupa untuk menaburi tepung tapioka supaya kulit yang selanjutnya gak nempel kalo ditumpuk diatasnya. Ulangin terus step ke 3 dan ke 4 sampai adonan habis.

Cara Buat Piscoknya

  1. Ambil satu lembar kulit lumpia yang sudah kita buat tadi, lalu dikasih pisang dan selai cokelat, kemudian digulung mulai dari melipat sisi atas dan bawah, baru abis itu sisi kiri dan kanannya. Lakukan sampai pisang atau kulit lumpianya habis.
  2. Siapkan teflon atau wajan, lalu masukkan minyak goreng dan dipanaskan. Jika minyak sudah panas, goreng piscok sampai kecokelatan. Jangan lupa untuk di bolak-balik.
  3. Setelah matang, angkat piscok dari wajan dan taruh dipiring, dan piscok sudah siap dimakan.

2. Piscok Lumer Cokelat Keju

Piscok Lumer Cokelat Keju
Source: Google

Setelah membuat piscok yang asli, yang hanya ada rasa cokelatnya, resep yang kedua merupakan piscok lumer dengan rasa cokelat berpadu dengan keju.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai memasak, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu sebagai berikut:

  • Pisang uli atau pisang yang suah mateng lainnya : kira-kira 10 buah
  • Metega : 100 gram
  • Kulit lumpia : 10 lembar
  • Cokelat batang : 250 gram
  • Keju parut : secukupnya

Cara Membuat Piscok Lumer Cokelat Keju

  1. Kupas pisang yang sudah disiapkan, lalu belah 2 bagian memanjang, lalu panggang diatas teflon dan dikasih mentega secukupnya.
  2. Berikutnya, lelehkan atau lumerkan cokelat batangan untuk isian pisang. Bisa dilumerkan dengan cara dikukus atau dilelehkan didalam magic com.
  3. Siapkan kulit lumpia untuk membungkus pisang yang sudah dipotong dan dipanggang tadi, lalu letakkan pisang diatas kulit lumpia dan taburi dengan lelehan cokelat serta keju parut secukupnya.
  4. Setelah itu, tutup gulungan pisang cokelat keju dengan potongan pisang yang lainnya lagi.
  5. Setealah digulung, rekatkan kulit lumpia menggunakan terigu yang dicairkan untuk lem agar kulit lumpia merekat sempurna dan tidak lepas. Bisa juga pakai telur yang sudah dikocok.
  6. Pisang cokelat keju lumer sudah siap untuk digoreng kedalam minyak panas.
  7. Goreng sampai kulit berwarna kecokelatan.
  8. Jika sudah matang, lalu diangkat dan ditiriskan.
  9. Piscok lumer isi cokelat keju pun sudah siap untuk dihidangkan dan disantap selagi hangat.

3. Piscok Lumer Keju

Piscok Lumer Keju
Source: Google

Setelah membuat piscok cokelat dan juga cokelat keju, pada resep yang ketiga ini saya akan memberitahu cara membuat piscok lumer yang hanya mengandung rasa keju, jadi sangat cocok bagi kamu para pecinta keju.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Pisang kepok : 3 buah ukuran standar, pilih yang belum terlalu matang.
  • Kulit lumpia : 12 lembar
  • Gula Pasir : 1 sendok makan
  • Cokelat bubuk : 3 sendok teh
  • Keju parut : secukupnya
  • Susu kental manis : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya

Cara Membuat Piscok Lumer Keju

  1. Sediakan wadah terlebih dahulu, lalu campurkan 2 bahan sekaligus yakni gula pasir dan coklat bubuk, aduk hingga rata. Setelah benar-benar sudah tercampur denga sempurna, adonan disisihkan terlebih dahulu.
  2. Kupas pisang kepok, lalu dibelah menjadi 4 bagian memanjang.
  3. Taruh adonan bubuk coklat dan gula pasir ditempat atau wadah yang datar, lalu guling-gulingkan pisang yang sudah dibagi menjadi 4 tadi diatasnya, dan usahakan seluruh bagian pisang tertutup oleh adonan.
  4. Setelah itu, kita siapkan kulit lumpia dan taruh pisang yang sudah digulingkan kedalam adonan coklat bubuk dan gula pasir, lalu digulung memanjang.
  5. Sementara kita membuat gulungan piscok, kita panaskan minyak didalam wajan atau teflon. Setelah selesai membuat gulungan piscok, masukan pisang yang sudah ditutup dengan kulit lumpia dalam minyak yang sudah panas.
  6. Jangan diamkan piscok yang dimasukkan kedalam penggorengan, tetap dibolak-balik supaya matengnya rata.
  7. Tunggu warnanya sampai berubah jadi kuning kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan. Biarkan terlebih dahulu sampai hangat.
  8. Setelah sudah hangat, taruh piscok yang sudah jadi keatas piring datar, lalu tuangkan susu kental manis secukupnya.
  9. Yang terakhir, taburi keju parut diatasnya.
  10. Piscok keju sudah siap disantap.

Leave a Reply

Close Menu