Cara Membuat Es Krim Milo

Cara Membuat Es Krim Milo

Es kepal Milo merupakan jajanan yang sangat hits pada tahun lalu, dan juga banyak menjadi buah bibir orang-orang. Es serut yang dibalut dengan milo yang encer ini sangat terasa segar didalam mulut dan juga ada rasa lumernya.

Banyak yang rela mengantri lama-lama hanya untuk merasakan sensasi dari es yang berasal dari Malaysia ini. Tidak hanya segar, harga dari es ini tidak terlalu membuat dompet kita tipis, harganya bervarias mulai dari 7 ribu rupiah sampai 12 ribu rupiah.

Tapi 2018 beda dengan 2019, maka transisi dari sesuatu yang beken juga akan cepat pudar dengan waktu yang cepat pula. Pada tahun 2019 muncul lagi cemilan es yang berbahan dasar milo, yakni es krim milo.

Baca Juga – Cara Membuat Piscok Lumer

Awalnya es krim yang satu ini hanya ada tersedia dalam 1 varian rasa yaitu crunch. Rasa crunch ini tidak terasa seperti milo, tapi lebih terasa seperti vanilla. Bagi kamu pecinta milo pasti suka sama es krim yang satu ini, karena rasanya sangat persis dengan susu cokelat milo, hanya saja cara menikmatinya yang berbeda.

Untuk harganya sendiri, satu es krim milo dibanderol dengan harga 8.500 rupiah per satunya. Tetapi, sayang sungguh disayang, es krim milo ini belum bisa dinikmati dibanyak daerah. Bahkan pada awalnya es krim milo tidak tersedia di Indonesia, jadi kalau kita ingin beli, kita harus pergi jauh dulu ke Singapura.

Tapi kita tidak perlu khawatir akan hal itu, karena saya akan memberikan bagaimana cara membuat es krim milo sendiri dirumah, dan caranya juga tidak terlalu susah, atau bisa dibilang mudah.

Es krim milo sangat cocok untuk cemilan sederhana untuk bersantap ria bersama keluarga dirumah. Langsung saja kita beranjak ke topik utama yaitu bagaimana cara membuat es krim milo.

Saya akan memberikan resep es krim milo dengan berbagai rasa, dan juga berbagai jenis.

1. Es Krim Milo Biasa

Es Krim Milo biasa
Source : Google

Yang pertama adalah es krim milo yang biasa, alias es krim milo yang cita rasanya benar-benar belum diubah yakni milo tetapi dibuat menjadi es krim.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat, mari kita persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es krim milo biasa ini.

  • Susu putih cair : 1 kotak (kalau bisa susu kotak dengan ukuran 225ml)
  • Milo saset : 3 bungkus
  • SP atau Ovalet (untuk mengembangkan adonan es krim) : 1/4 sendok makan
Ovalet
Source : Google
  • Tepung maizena : Sudah dicairkan dengan air kurang lebih 5 sendok makan
  • Gula pasir : 2 sendok makan

Alat-alat yang dipersiapkan

  • Panci
  • Wadah plastik
  • Sendok
  • Mixer

Cara Membuat Es Krim Milo Biasa

  1. mula-mula, kita masak susu putih yang sudah kita siapkan dengan dicampur 1 sendok makan tepung maizena yang sudah dicairkan, dan juga ditambah dengan 2 sendok makan gula pasir. Masak didalam panci berukuran senang, lalu dimasak sampe mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, masukkan kedalam wadah plasti lalu dimasukkan kedalam kulkas kurang lebih 5 jam, atau sampe beku.
  3. Selanjutnya, kita buat adonan es krim dari Milo. Caranya adalah, keluarkan adonan yang sudah kita bekukan tadi sampai agak mencair.
  4. Sambil menunggu adonan cair, kita cairkan SP atau Ovalet menggunakan api yang kecil.
  5. Jika SP atau ovalet sudah dicairkan, campurkan adonan beku yang sudah dicairkan, SP atau ovalet, dan 3 bungkus milo menjadi satu.
  6. Jika sudah dicampurkan, langkah selanjutnya yakni kita mixer selama kurang lebih 15 sampai 30 menit, mixer terus sampai adonan mengembang.
  7. Setelah dimixer, masukkan adonan yang sudah hampir jadi kedaam kulkas, tunggu sampe beku.
  8. Es krim Milo siap untuk dimakan.

Estimasi Harga

Perkiraan dana yang dihabiskan untuk membuat satu wadah es krim milo ukuran 15 cm x 13 cm adalah sebagai berikut:

  • Susu cair vanilla : 5000 rupiah
  • Milo saset : 3000/saset x 3 saset = 9000 rupiah
  • SP / Ovalet : 2000 rupiah
  • Tepung maizena : 8000 rupiah/300 gram
  • Gula pasir : kurang lebih 6000/setengah kilo

2. Es Krim Milo Oreo

Es Krim Milo Oreo
Source : Google

Yang kedua adalah es krim milo dengan campuran oreo. Dijamin rasanya akan lebih enak karena adanya perpaduan antara oreo dan milo.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Susu kental manis : 1/2 kaleng
  • Milo saset : 3 bungkus
  • Tepung terigu : 2 sendok makan
  • Air mineral : 2 gelas per 60ml
  • Gula pasir : 1 sendok makan
  • SP atau ovalet : 1 sendok makan
  • Oreo : sesuka hati

Sebagai catatan: buat list dari bahan-bahan yang diperlukan sesuai urutan yang saya tulis agar mempermudah proses pembuatannya.

Cara Membuat Es Krim Milo Oreo

  1. Pertama, siapkan tempat atau wadah lalu masukkan susu kental manis, Milo, tepung maizena dan gula pasir. Aduk hingga semua bahan merata, tambahkan air yang sudah disipakna sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Selanjutnya aduk sampai semuanya rata, antara air dan bahan-bahan yang dicampurkan sampai menjadi adonan.
  2. Selanjutnya masukkan adonan yang sudah dibuat tadi kedalam freezer. Tunggu kira-kira 3 sampai 4 jam dan pastikan adonan yang kita masukkan kedalam freezer beku sebelum diolah kelangkah selanjutnya.
  3. Ambil adonan yang sudah dibekukan tadi, abis itu dikerok sedikit demi sedikit lalu ditambahkan ovalet atau SP. Setelah kita menambahkan ovalet atau SP, aduk menggunakan mixer secara menyeluruh, dan pastikan adonannya tercampur secara merata dengan ovalet atau SP.
  4. Setelah dimixer, sisihkan adonan terlebih dahulu, lalu ambil Oreo yang sudah disiapkan tadi, kemudian diremuk-remukan menjadi serpihan kecil-kecil.
  5. Setelah meremukkaan oreo, ambil lagi adonan yang sudah dibuat, lalu dimasukkan kedalam wadah-wadah kecil (sesuai keinginan anda pengen naro dimana). Setelah dituang dan dibagi ke wahda-wadah yang kecil, taburi dengan oreo yang sudah diremukkan diatas adonan sebagai topingnya.
  6. Setelah adonan sudah dibagikan ke wadah yang kecil-kecil dan juga sudah diberi topping oreo, masukkan seluruh wadah yang telah terisi adonan es krim tadi kedalam freezer. Tunggu sampai kira-kira 3 sampai 5 jam agar kita bisa menikmati es krim milo dengan kebekuan yang sempurna. Dan pastikan juga es kri sudah benar-benar beku saat kita ingin memakannya.
  7. Dan es krim milo oreo sudah bisa dinikmati.

3. Es Krim Milo Oreo Tanpa SP dan Mixer

Es Krim Milo tanpa mixer
Source: Google

Yang ketiga adalah es krim milo yang paling sederhana karena tidak perlu menggunakan mixer dan juga SP atau ovalet.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Oreo : 5 keping
  • Choco chip : 2 sendok makan
  • Susu cair UHT : 165 ml
  • Milo bubuk : 1 saset
  • Susu kental manis : 3 sampai 4 sendok makan
  • Es batu : secukupnya

Cara Membuat Es Krim Milo Tanpa Mixer dan SP

  1. Masukkan semua bahan-bahan kedalam blender (kecuai milo), lalu nyalakan blendernya.
  2. Lalu masukkan kedalam cetakan es krim atau wadah yang lainnya.
  3. Masukkan kedalam freezer, kemudian tunggu sampai agak beku.
  4. Jika sudah aga membeku, tusukkan stik es krim (jika menggunakan cetakan es krim).
  5. Lalu, simpan didalam freezer selama kurang lebih 6 sampai 8 jam. Taruh selama seharian untuk hasil yang lebih maksimal
  6. Jika sudah ditaruh freezer dan sudah beku, es krim milo siap untuk disantap.

Catatan: Jika menggunakan cetakan es dan memakai stik es krim, sebelum mencabut dari dalam cetakan, sebaiknya cetakan direndam air hangat terlebih dahulu sebentar, lalu cabut secara perlahan.

Leave a Reply

Close Menu