Bahan Wolfis

Bahan Wolfis

Bahan Wolfis adalah bahan yang sangat populer dan banyak dicari orang karena harganya yang bisa dibilang murah dan kualitas bahannya yang bagus. Sangat wajar bila banyak orang mencari tau tentang keunggulan dan kekurangan bahan ini. Berikut saya akan rangkum keunggulan dan kekurangannya.

Apa itu Bahan Wolfis

Sebelum masuk kedalam pembahasan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki, ada baiknya kita tau apa itu Kain Wolfis dan bagaimana spesifikasi yang dimiliki oleh kain ini.

Jadi, Kain Wolfis adalah kain yang terbuat dari 100% Polyster. kain Wolfis tidak dibuat menggunakan campuran katun ataupun sutra yang seperti beredar diinternet. Oleh karena itu, kualitas dan keunggulan bahan ini masih dibawah Katun dan Sutra.

Kain Wolpeach, atau yang sering kita sebut Wolfis memiliki karakteristik kain yang lembut, halus, jatuh dan tidak gerah. Teksturnya bahannya cukup halus, dan serat bahannya hampir tidak terlihat. Bagi yang tidak tau atau awam mengenai jenis kain, akan susah untuk susah membedakan kain wolfis dengan kain yang lain.

Dikarenakan harganya yang murah, wajar jika banyak produsen baju musliman memilih untuk memakai bahan ini untuk produk-produk mereka. Meski memiliki karakteristik bahan yang ringan dan cukup tebal, keunggulannya yaitu tidak tembus pandang. Jadi memang sangat cocok untuk dijadikan baju muslimah.

Ciri-ciri Kain Wolfis

1. Tidak Tahan Terhadap Panas

Kain Wolfis memiliki kain yang tidak tahan terhadap panas, jadi jika kalian hendak menyetrika baju kalian yang berbahan ini, aturlah panas setrika terlebih dahulu sebelum mulai menyetrikanya agar tidak terlalu panas.

2. Mudah Untuk di Dirapihkan

Meskipun kita tidak memakai suhu yang panas untuk menyetrika kain ini, tetapi kain ini cukup mudah untuk dirapihkan karena memang memiliki karakteristik bahan yang halus dan jatuh.

Baca Juga : Ide-ide menarik Membuat Kerajinan Dari Koran Bekas

3. Tidak Transparan atau Tembus Pandang

Jika berbicara tentang kain yang tidak transparan atau tembus pandang, pasti akan identik dengan kain yang tebal. Begitu juga dengan kain, ia wolfis tidak transparan ataupun tembus pandang.

4. Cukup Tebal tapi Ringan

Meskipun kain ini cukup tebal, tapi kain ini memiliki karakteristik yang menjadikan kain ini mempunyai ciri khas yaitu ringan. Anda tidak perlu khawatir, walaupun kain ini memiliki kain yang cukup tebal tetapi kain ini mempunyai bobot yang cukup ringan.

5. Dingin dan Tidak Mudah Kusut

Seperti ciri yang sudah bahas diatas, bahan ini mudah dirapihkan. Praktis kalau bahan ini mudah dirapihkan, berarti bahan ini tidak mudah kusut. Dan juga ketika kalian memakai bahan yang menggunakan kain wolfis, kalian akan merasakan sensai dingin dan nyaman ketika dipakai.

6. Warnanya Lebih Hidup

Bagi para pecinta warna, kain wolfis bisa jadi pillihan utama untuk kalian. Karena salah satu karakteristik bahan ini adalah memiliki banyak pilihan warna dan juga warnanya lebih hidup dibandingkan bahan-bahan yang lain seperti chiffon atau katun.

7. Bahannya Nyaman dan Halus

Kain ini mempunyai karakteristik bahan yang halus, jadi ketika kita memakai pakaian yang berbahan ini kita akan merasakan kenyamanan dan juga tidak akan merasa gatal.

Kelebihan Bahan Wolfis

Setelah membahas ciri dan karakteristik dari kain ini, saya akan mencoba merangkum beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kain wolfis yang berada dipasaran.

1. Lebih Halus dari Bahan Lain

Bahan wolfis cenderung lebih halus dibanding bahan lain
Source: Google

Kelebihan yang paling mendasar dari kain wolfis adalah, bahannya yang halus dan lentur. Jadi ketika kalian memakainya akan ada sensasi lembut dan nyaman dikulit sehingga kalian bisa menjalankan aktifitas tanpa risih.

Terkhusus untuk parah muslimah yang selalu memakai jubah besar dan jilbab besar sesuai syari’at yang biasa dipakai untuk sehari-hari. Faktor kenyamanan dalam berpakaian syar’i juga salah satu hal yang membuat merek istiqomah memakainya. Sehingga perlu busana yang nyaman dan halus untuk menjalankan setiap aktifitas.

2. Tidak mudah lecet dan kusut

Seperti ciri karakteristik yang sudah dibahas, kain selain tidak mudah kusut dan memerlukan perawatan yang berlebih, ternyata kain wolfis juga tidak mudah lecet walau karakter kainnya jatuh(licin).

3. Sangat Cocok Untuk Pakaian Muslimah

Karena karakteristik kainnya yang tebal dan tidak transparan, kain wolfis sangat cocok untuk menjadi pakaian muslimah, ditambah lagi dengan keunggulan-keunggulan lain yang dimiliki oleh kain ini.

Karena busana muslimah yang syar’i tentu harus menghindari pakaian atau kain yang bisa membentuk aurat para wanita muslimah itu sendiri. Jadi kain ini sangat cocok untuk dibuat pakaian muslimah.

4. Bobotnya Yang Ringan

Memang sudah karakteristik dari bahan ini, walaupun bahannya cukup tebal tapi ini memang keunggulan dari kain ini, bahannya yang ringan tidak akan membuat berat ketika dipakai, dan juga sulit untuk dicuci menggunakan tangan.

Apalagi jika memang kainnya dibuat untuk pakaian dan jilbab muslimah yang syar’i, keunggulan ini juga sangat berpengaruh untuk kalian berfikir sebelum kalian membuat pakaian muslimah menggunakan bahan wolfis ini.

5. Harga Kain Yang Terbilang Murah

Setelah melihat keunggulan dan karakteristik diatas, pasti kita akan berfikir bahwa kain ini harganya mahal, tapi ternyata tidak. Ternyata bahan ini dijual dipasaran online atau offline dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Warnanya Beragam

Kain wolfis memiliki warna yang beragam
Source: Google

Selain memiliki karakteristik warna yang lebih hidup dari bahan lain, ternyata kain wolfis juga memiliki warna yang beragam. Ini juga merupakan faktor yang membuat para muslimah memilih untuk membuat baju mereka dengan bahan ini.

Karena setiap muslimah pasti menyukai warna-warna yang beragam. Ini juga merupakan salah satu peluang buat kalian para penjahit untuk membuat dan memasarkan produk pakaian muslimah menggunakan bahan ini.

7. Kain Wolfis Bukan Barang Langka

Karena banyaknya peminat kain ini, produsen juga jeli untuk memproduksi kain ini lebih banyak dipasaran. Sesuai dengan pengalaman yang mereka punya, semakin banyak permintaan, semakin banyak juga mereka memproduksi.

Kekurangan Bahan Wolfis

Setelah kita tau karakteristik dan juga kelebihan yang dipunya oleh kain wolfis, tidak mungkin jika sesuatu tidak mempunyai kekurangan, karena yang sempurna diseluruh Alam Semesta ini hanyalah Allah Subhanahu wa ta’ala semata.

Meskipun mempunyai segudang kelebihan, pasti kain ini mempuyai flaws juga. Namanya juga buatan manusia. Apa saja kekurangannya? Saya sudah merangkum beberapa kekurangan yang dimiliki kain ini.

1. Terlalu Banyak Pilihan Warna

Terlalu banyak warna juga merupakan hal yang merepotkan.
Source: Google

Tapi, tadi diatas banyak warna merupaka kelebihan? Jadi begini maksudnya, sebenarnya bukan terlalu banyak warna, tetapi karena terlalu banyak produsen jadi setiap kita membeli ditoko 1 dengan warna ungu, dan membeli ditoko 2 dengan warna yang sama, maka akan ada sedikit perbedaan diantara keduanya.

2. Terlalu Banyak Perbedaan Ketebalan

Karena banyaknya peminat, para pedagang dan produsen kain juga bisa bermain dengan kualitas dan ketebalan kain itu sendiri. Mereka bermain harga pada setiap kualitas dan ketebalan yang ada.

Mungkin hanya itu beberapa poin yang dapat saya rangkum mengenai kain wolfis beserta kelebihan dan kekurangannya.

Wassalam

Leave a Reply

Close Menu