Bahan Maxmara
kain maxmara

Bahan Maxmara

Bahan Maxmara adalah bahan yang mirip dengan kain Satin. Tetapi, kain Maxmara mempunyai tekstur yang lebih lembut, adem dan nyaman untuk dipakai.

Kain Maxmara adalah jenis kain pendatang baru yang mulai merbut hati para konsumen. Konsumen biasanya langsung menyukai kain Maxmara karena sebelumnya mereka penggemar satin.

Karena banyak dari mereka menganggap bahwa Maxmara termasuk golongan kain Satin dikarenakan kain dan teksturnya yang terbilang cukup mirip.

Sebenarnya, kain Maxmara sendiri hampir sejenis dengan kain Roberto Cavali, namun jika kita teliti lebih dalam, kain Maxmara lebih halus seperti Sutera. Oleh sebab itu banyak orang menyebut kain Maxmara sebagai Sutera Satin yang halus.

Dengan teksturnya yang halus dan warnanya yang sedikit glossy atau mengkilap membuat kain Maxmara terlihat lebih elegan dan cantik. Menjadikan kain ini cocok untuk acara formal atau resmi. Kalau kita lihat dari karakteristiknya yang berkilau dan elegan, tambah membuat kita semakin bingung karena mirip sekali dengan karakteristik Satin.

Dan ternyata, memang sebenarnya kain Maxmara termasuk dalam turunan kain Satin, sehingga hampir mirip, dan yang membedakan kain ini dengan kain Satin adalah pada motifnya.

Kelebihan & Kekurangan Bahan Maxmara

Kelebihannya

Kain Maxmara memiliki tekstur yang nyaman, adem, dan lembut saat dipakai. Ketika kita usap, bahan Maxmara akan terasa lembut. Dan juga, kain Maxmara sangat cocok bagi kita yang tinggal dinegara tropis karena tidak membuat gerah dan juga kepanasan.

Namun, standar yang dimiliki oleh kain Maxmara masih kalah dengan Katun Jepang yang memang sudah terkenal karena membuat kenyamanan yang maksimal serta sensasi adem bagi para pemakainya.

Lalu, kain Maxmara termasuk kain yang jatuh, ringan, licin, dan juga tipis. Walaupun kainnya yang tipis, tidak membuat bahan Maxmara tembus pandang ataupun transparan.

Dan jika kita teliti secara seksama, kain Maxmara memiliki serat kain yang lebih baik dan lebih rapih jika dibandingkan dengan kain Satin. Walaupun harganya lebih mahal dari Satin, kain Maxmara memiliki kualitas yang lebih bagus diatas kain Satin.

Karakteristiknya yang lain dari kain ini adalah kainnya yang berkilau tapi tidak terlalu mengkilap, malah lebih terkesan doff. Kilapannya sangat pas jika untuk dibuat menjadi hijab karena akan bagus saat dipandang. Dan juga, kain Maxmara memiliki 2 pilihan, yang pertama polos, dan yang kedua bermotif. Tentu saja dari keduanya itu juga banyak pilihannya.

Oleh sebab itu, anda akan sering menemukan banyak produsen hijab yang menggunakan bahan Maxmara sebagai kain untuk produk-produk mereka. Dan hijab dari Maxmara ini akan membuat anda tampil elegan dan glamour, cocok untuk acara formal maupun informal.

Oleh sebab itu, anda akan sering menemukan banyak produsen hijab yang menggunakan bahan Maxmara sebagai kain untuk produk-produk mereka. Dan hijab dari Maxmara ini akan membuat anda tampil elegan dan glamour, cocok untuk acara formal maupun informal.

Kekurangannya

Kekurangannya yang pertama adalah dalam hal fleksibilitasnya, jadi membuat kain ini tidak bisa dijahit dalam detail yang tinggi karena akan merusak kain. Dan juga, karena kain Maxmara bersifat licin, jadi membuat kain ini susah dijahit. Jika kita ingin menjahit kain ini, kita harus hati-hati dan pastikan jahitan kita lurus agar tidak merusak kain.

Kekurangannya yang kedua adalah dalam hal perawatan. Kain Maxmara hanya boleh dicuci dengan tangan sebab kainnya 100% terbuat dari sutera. Merawat kain Maxmara agak plebih sulit jika dibandingkan dengan merawat kain yang bisa dicuci dengan mesin cuci.

Soal penyetirikaannya, kita harus hati-hati jika ingin menyetrika kain ini agar tidak merusak kainnya. Saat menyetrika, perhatikan tekanan dan juga suhu pada setrika yang kita gunakan, jangan gunakan suhu yang terlalu panas karena khawatir akan merusak kain itu sendiri.

Jenis-jenis Bahan Maxmara

Setelah tau karakteristik serta kelebihan dan kekurangan dari kain ini, saya akan membahasa jenis-jenis kain Maxmara yang beredar diapasaran dengan tujuan agar anda tidak salah membeli jika memang ingin membeli kain Maxmara ini.

1. Kain Maxmara Lux

Maxmara Lux
Source: Google

Bisa dikatakan bahwa jenis Maxmara Lux adalah jenis yang paling dingin, adem, paling lembut, paling jatuh, dan paling doff warnanya. Kain ini mempunyai perbedaan yang paling mencolok diantara semua jenis kain Maxmara dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Jika diperhatikan secara mendetil, serat dari kain ini masih kita bisa kita lihat dengan jelas. Hal inilah yang membuat kain ini paling beda dari jenis Maxmara yang lainnya.

2. Maxmara Galaxy

Maxmara Galaxy
Source: Google

Jika dibandingkan dengan Maxmara lux, kain Maxmara Galaxy agak lebih kaku dan warna kainnya lebih glossy. Dan juga, Maxmara Galaxy tidak adem layaknya Maxmara Lux.

Dan jika kita lihat secara seksama, kain Maxmara Galaxy dan Maxmara Lux juga hampir sama, hanya saja, yang membedakan diantara keduanya adalah serat kain yang dimiliki Maxmara Galaxy lebih tidak terlihat dibanding Maxmara Lux.

3. Maxmara Midi

Maxmara Midi
Source: Google

Jika dibandingkan dengan 2 Maxmara yang ada diatas, Maxmara Midi adalah yang paling kaku dan juga paling mengkilap diantara keduanya. Jika diraba, bahannya agak kasar dan juga kaku. Kainnya tampak licin dan serat kainnya hampir tidak nampak.

4. Maxmara Polos

Maxmara Polos

Perlu diketahui bahwa kain Maxmara Polos mempunya sedikit perbedaan kelas dibanding kain Maxmara Motif. Kain Maxmara polos mempunyai grade yang hampir mirip dengan Maxmara Lux, atau bisa dikatakan sama. Namun, kelas Maxmara polos masih diatas Maxmara Galaxy.

Karakteristik dari kain ini ialah agak cenderung mengkilap, serat kainnya lembut hampir sama seperti Maxmara Lux. Kainnya juga jatuh dan tidak kaku seperti kain Maxmara Galaxy.

Penggunaan Bahan Maxmara

Bahan Maxmara seringkali digunakan oleh para produsen busana ataupun para Muslimah sebagai kain untuk membuat Jilbab atau gamis syar’i. Selain jilbab dan gamis, kain Maxmara juga kerap digunakan sebagai busa lainnya seperti, baju kerja, dress, dan masih banyak yang lainnya.

Perbedaan Harga Setiap Jenis Maxmara

Jika dilihat dari harga, dari keempat kain Maxmara diatas bisa dibilang harganya hampir sama semua jika membelinya dalam bentuk eceran maupun meteran. Tetapi harganya akan terasa berbeda jika kita membelinya sebanyak 1 seri (4-5 roll).

Sebagai informasi, ada beberapa suplier pada toko online, jenis Maxmara tidak dibedakan dari segi penamaannya dan juga dari segi harganya. Bisa dibilang, semua jenis kain Maxmara disebut sebagai Maxmara Lux.

Jadi itulah mengapa kita harus mengetahui karakteristik dari masing-masing jenis Maxmara agar kita tidak rugi atau kecewa karena kita awam dengan hal ini. Karena perbedaan jenis kain yang satu dengan yang lainnya menentukan harga juga.

Mungkin hanya itu sedikit informasi yang dapat saya sampaikan, jika ada salah-salah kata bisa kirimkan kritik & saran dikolom komentar yang sudah disediakan. Terima kasih.

Wassalam.

This Post Has 2 Comments

  1. Makasih infonya..

  2. Makasih manteb infonya..

Leave a Reply

Close Menu