Bahan Katun

Bahan Katun

Bahan Katun – Katun adalah jenis kain yang dibuat dari serat alami tanaman kapas (cotton). Kain katun yang ada dipasaran sangat banyak dan beragam dari segi harga, mutu, dan kualitas.

Oleh sebab itu, kalau kita hanya asal beli dan tidak mengetahuinya terlebih dahulu, kita bukannya puas, yang ada malah kita akan kecewa nantinya jika tidak jeli dalam membeli kain katun ini.

Sebagai negara beriklim teropis, maka kita perlu menyesuaikan bahan yang akan kita pakai agar tidak tersiksa akan gerahnya. Nah, kain katun ini sangat cocok untuk kita yang hidup dinegara beriklim tropis karena bahannya yang adem dikulit dan tidak bikin gerah.

Cara Memilih Bahan Katun yang Bagus

Harus diakui bahwa antusias para pembeli terhadap kain katun ternyata cukup masif. Akan tetapi, kebanyakan dari pembeli suka bingung bagaimana memiliih kain katun yang bagus dan cocok untuk budget mereka masing-masing.

Oleh karena itu, disini saya akan membahas tentang bahan katun yang saya coba rangkum dari berbagai sumber.

Apa itu Kain Katun

Katun adalah sebuah nama yang ditujukan pada serat halus yang menyelimuti biji tanaman kapas (cotton). Pada tahap berikutnya, serat kapas akan diproses dengan cara dipilin menjadi helaian benang katun sebelum ditenun menjadi lembaran kain katun yang sudah jadi.

Kain Katun termasuk jenis kain yang mudah dirawat dan juga tidak mudah luntur warnanya. Seratnya juga cukup kokoh dan awet digunakan dalam waktu yang lama. Katun sendiri terbagi menjadi dua jenis.

Yang Pertama, katun (cotton) yang dipilin dan ditenun dari bahan serat alami tanaman kapas.

Source: Pixabay
Photo By:
manzar_87

Yang Kedua, Linen yang dipintal dan ditenun dari serat alami tanaman rami. Katun yang terbuat dari serat tanaman rami disebut katun Linen. Kain katun Linen juga merupakan bahan yang bagus sebagaimana bahan katun pada umumnya.

Serat Rami
Source: Pixabay
Phot By: Suju

Katun Linen sendiri merupakan kain yang jarang ditemui karena beberapa faktor. Akan tetapi, katun Linen mempunyai ketahanan dan serat yang lebih baik dan lebih kuat dibandingkan dengan katun biasa.

Perlu diingat, bahwa kain katun mempunyai jenis yang banyak dan beragam serta memiliki kualitas yang berbda-beda. Oleh sebab itu, bahan katun ada yang harganya murah dan ada juga yang mahal.

Jika mengacu pada sumber terkait, sebaiknya jangan nanggung jikalau ingin membeli bahan untuk dipakai pribadi. Karena, beli bahan itu untuk prospek jangka panjang, karena akan dipakai beberapa tahun kedepan.

Nah, kain katun merupakan kain yang awet dan nyaman ketika diapakai, jadi kain ini sangat cocok untuk dibeli untuk prospek jangka panjang. Jadi, kalau membeli katun sebaiknya pilihlah yang paling bagus.

Jenis-jenis Kain Katun Yang Recomended

Berikut akan saya paparkan beberapa kain katun yang bagus dan recomended untuk anda. Karena diluar sana banyak kain katun yang anda temui dengan nama-nama yang beragam.

Tapi mungkin, anda masih ragu-ragu dan bingung. Belum lagi, banyak produk-produk bajakan atau imitasi yang tersebar dimana-mana. Kalau kita tidak berpengalaman dan tidak hati-hati karena tergiur dengan harga yang murah, anda akan mendapatkan produk katun dengan kuliatas KW.

Berikut beberapa jenis Katun yang bagus dan recomended.

1.Katun Supernova

Jenis Katun Supernova
Source: Google

Kain Katun Supernova adalah jenis kain yang adem, lembut dan juga halus. Karakteristik dari kain ini adalah ringan, tetapi tidak jatuh sebagimana halnya Kain Wolfis.

Katun Supernova merupakan rekomendasi yang paling pertama, selain harganya yang murah, Katun Supernova merupakan kain yang nyaman dan adem jika dibuat menjadi baju. Dan jika kita meraba kainnya, maka akan terasa empuk, halus dan tidak licin.

Dan juga, banyak merek-merek pakaian yang bertebaran di Supermarket menggunakan kain katun sebagai bahan untuk produk-produk mereka. Itu tandanya, Katun Supernova adalah kain yang banyak peminatnya.

Dan perlu diketahui juga bahwa serat benang halus pada kain katun Supernova ini aga berbeda dari kebanyakan kain katunnya pada umumnya. Jika kita melihatnya dari jarak dekat, kita bisa melihat serat benang halus yang terburai dipermukaan kainnya.

Sebenarnya hal itu bukanlah masalah, justru hal it yang membuat ciri khas Katun Supernova daripada Katun secara umum. Dan Kain Katun Supernova sangat cocok untuk membuat baju formal, baju koko, jilbab dan gamis muslimah.

2. Katun Jepang Tokai Senko

Katun Tokai Senko
Source: Google

Kain katun Tokai Senko adalah jenis kain katun yang diproduksi lokal, namun dengan kualitas jempolan. Jenis katun yang satu ini agak berbeda dari Katun Supernova karena bahannya lebih kaku namun ringan dan serat benangnya yang tersusun rapat.

Walapun namanya sekilas seperti bahasa Jepang dan memiliki embel-embel Jpeang, kain ini bukanlah imporan dari Jepang, melainkan produk lokal yang mendapatkan lisensi dari Jepang. Nama perusahaanya adalah PT. Tokai Texprint Indonesia.

Katun Tokai Senko terkenal akan produk kainnya yang bermotif. Peminatnya sangat masif dan sangat laris-manis dipasaran. Produk ini biasa dikenal dengan label “Japan Design Tokai Senko”.

Walupun terkenal dengan produk kainnya yang bermotif, Tokai Senko ternyata juga memproduksi kain Katun Jepang Polos, dengan kualitas kain sebagaimana kain Katun yang bermotif.

Akan tetapi, produk Katun Jepang Polos dari Tokai Senko tidak terdapat label perusahaanya. Tidak seperti yang terdapat pada Katun Tokai Senko, yakni Japan Design Motif.

Oleh sebab itu, jika belum pernah meraba langsung produk katun Tokai Senko yang bermotif, mungkin kita akan kesulitan untuk mendeteksi bahan katun Jepang dari Tokai Senko.

Keunggulan Katun Tokai Senko

Kain Katun Jepang Tokai Senko sudah diakui kualitas dan mutunya. Terlihat dari banyak brand fahion yang telah menjadikan kain ini sebagai bahan untuk produk-produk mereka seperti mukena, abaya, ataupun yang lainnya.

Keunggulannya yakni lebih tebal, karena serat kain yang tersusun lebih rapat dan ukuran benang katun yang lebih tebal dibanding kain katun yang lainnya, sehingga bahan kainnya akan terasa lebih ok dan lebih tebal jika dibandingkan dengan katun lokal atau kain Katun Jepang KW.

Dan juga kain ini lebih halus karena selain seratnya yang diraba lebih tebal, katun Jepang Tokai Senko sudah diakui sebagai kain katun yang lembut. Oleh karena itu, kain katun ini akan berasa nyaman dan adem ketika dipakai.

Warnanya lebih awet: Tak hanya bagus ketika masih baru, Katun Tokai Senko memiliki warna yang kuat dan tahan lama, dan juga warnanya yang tidak pudar dan luntur seiring berjalannya waktu.

Serat tidak terurai: Keunggulan yang terakhir adalah, serat kainnya tidak mudah terurai (berudul), meskipun sudah diapaki dan dicuci berulang-ulang kali.

3. Katun Madinah

Jenis Katun Madinah
Source: Google

Katun Madinah mempunyai karakteristik yang ringan, jatuh, dan tidak tembus pandang. Kainnya memiliki sensasi yang lembut dan adem jika kita pakai untuk membuat baju.

Ketebalan kainnya sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat jilbab dan gamis muslimah, karena kain Katun Madinah tidak berat dan juga tidak tipis.

Sebagai kain yang terbuat dari katun, tentu Katun Madinah adalah kain yang cocok untuk dipakai oleh kita yang tinggal didaerah tropis, karena kainnya yang adem dan juga bisa menyerap keringat.

Ketika kita lihat secara seksama, katun Madinah secara karakteristik mirip dengan katun Supernova. Dan jika melihat dari jarak dekat, akan tampak serabut halus dikainnya seperti yang dimiliki katun Supernova.

Namun, harus dingat bahwa katun Madinah dan katun Supernova memiliki perbedaan dalam segi kualitas kain yang cukup signifikan. Sudah pasti katun Madinah lebih baik dibanding Supernova, dan juga harganya lebih mahal tentunya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian katun, dan juga sedikit jenis-jenis kain katun unggulan. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam membeli katun nantinya.

Wassalam.

Leave a Reply

Close Menu