Bahan Crepe
bahan crepe

Bahan Crepe

Setiap barang mempunyai ciri khas, keunggulan serta karakteristik yang berbeda, begitu juga dengan bahan. Bahan yang akan saya bahas disini adalah bahan jenis Crepe.

Terdapat banyak jenis dan varian yang berbeda pada famili Bahan Crepe. Berikut saya akan coba merangkum jenis-jenis, karakteristik, serta kelebihan yang dimiliki oleh kain Crepe ini.

Apa itu Bahan Crepe

Bahan Crepe merupakan jenis kain yang memiliki tekstur layaknya kulit jeruk, “Crepe” (read: berkerut) pada permukaan kainnya. Ternyata tekstur itulah yang membuat kain ini memiliki daya tarik tersendiri.

Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan tekstur dan jenisnya yang sangat variatif dan beragam. Mulai dari tekstur Crepe yang paling terlihat jelas adalah Bubble Crepe, dan yang paling samar atau halus yakni Wolly Crepe.

Setiap jenis kain Crepe memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang kainnya elastis, ada juga yang tidak. Dan juga setiap kain memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda pula. Bahkan ada salah satunya yang tipis dan transparan yaitu Barbie Ceruti atau disebut juga Baby Doll.

Macam-macan Jenis Bahan Crepe

1. Bubble Crepe

Bentuk Bahan Bubble Crepe
Source: Google

Bubble Crepe merupakan kain dengan tekstur crepe atau kerutan yang paling ketara dan jelas. Itulah alasannya mengapa kain ini diberi nama kain Bubble. Tekstur crepe atau kerutnya sangat terasa ketik dipegang dan sangat ketara meskipun kita melihatnya dari jarah yang tidak dekat.

Karakterisktik dari kain ini agak tipis, tapi tidak tembus pandang. Dan juga termasuk jatuh, ringan dan sedikit elastis. Tapi penting untuk kita ketahui, bahwa sifat elastis pada kain Bubble Crepe hanya bersifat semu.

Karena sebenarnya kain ini tidak elastis, karena elastisitas yang dimiliki oleh kain Bubble Crepe diperoleh dari tekstur kerutnya yang saling melonggar ketika ditarik.

Kain Bubble Crepe cukup nyaman untuk dijadikan sebagai kain untuk membuat jilbab dan gamis muslimah. Karena kain ini ringan, tidak mudah kusut dan tidak membuat sensasi gerah jika dipakai, meskipun bukan termasuk dalam jenis kain katun.

Sebagai komparasi, kain Bubble Crepe adalah jenis kain Crepe yang berada diurutan kedua dari segi bobotnya. Bobotnya hanya sedikit lebih berat daripada Ceruti atau Baby Doll. Tetapi kain Ceruti adalah jenis kain yang memang ringan sekali, tapi sangat tipis dan bahkan agak transparan.

2. Crezia Crepe

Bahan Crezia Crepe
Source: Picswe

Crezia Crepe merupakan salah satu diantara jenis kain Crepe yang elastis, bahkan bisa dikatakan sangat elastis. Hanya ini kain Crepe yang memiliki tingkat elastisnya sangat tinggi.

Jika tidak percaya, kita bisa membuktikan elastisitas dari kain ini dengan cara menarik-narik kain ini secara diagonal, bukan secara horizontal ataupun secara vertikal.

Bentuk tekstur Crepe atau kerutan yang dimiliki oleh kain ini menurut kebanyakan orang paling unik. Karena, teksturnya garis-garis terstrukur menyerupai bentuk wajik. Meskipun tidak terlalu jelas, tapi sepintas akan terlihat bentuk wajiknya tersusun.

3. Moss Crepe

Bahan Moss Crepe
Source: Google

Moss Crepe merupakan bagian dari keluarga anggota keluarga Crepe dengan tekstur kerut seperti butiran pasir yang tertata rapih. Jika diperhatikan dari dekat, bagaikan ada pasir-pasir yang menempel pada permukaan kainnya. Padahal, kenyatannya itu merupakan bagian dari serat kain itu sendiri.

Jika anda meraba kain Moss Crepe ini, anda akan benar-benar merasakan tekstur layaknya butiran pasir menempel diatelapak tangan anda. Walau demikian, Moss Crepe adalah kain yang cukup halus, dan tidak terlalu kasar.

Kain Moss Crepe cukup nyaman untuk digunakan membuat jilbab dan gamis mulismah, meskipun ada sensasi sedikit kasar. Mungkin karena tekstur butiran pasirnya atau memang karena jenis serat dari kain itu sendiri. Berbanding terbalik dengan Arabian Crepe, dengan tekstur yang sama tetapi lebih halus.

Karakteristik yang lainnya adalah ia termasuk jenis kain yang jatuh, ringan, dan tidak mudah kusut. Jika ditarik, kain ini sedikit melar, jadi sedikit lebih elastis dibandingkan kain Bubble Crepe.

4. Arabian Crepe

Bahan Arabian Crepe
Source: Google

Bisa dikatakan bahwa kain Arabian Crepe merupakan duplikat daripada kain Moss Crepe cuman dengan grade yang lebih tinggi diatasnya. Arabian Crepe memiliki bentuk yang sama persis dengan Moss Crepe. Jika anda belum pernah memegan kedua kain ini secara langsung, saya bisa jamin kalau anda akan tertukar.

Baca Juga – Apa itu Bahan Wolfis?

Disini saya akan menjelaskan beberapa perbedaan yang bisa dilihat dan dirasakan dari kedua kain ini. Kain Arabian Crepe lebih halus, lebih dingin, lebih adem dan lebih tebal dibandingkan dengan Moss Crepe, dan juga harganya lebih mahal.

Jadi, secara kasat mata keduanya hampir tidak bisa dibedakan. Kalau kita raba baru akan terasa perbedaannya. Intinya, jika anda melihat dan merasakan kain Crepe yang teksturnya seperti butiran pasir namun halus dan dingin, maka kain itu bisa jadi adalah Arabian Crepe

Akan tetapi, jika kita melihat dan meraba terasa agak kasar, tidak lembut, dan tidak halus, mungkin itu adalah Moss Crepe yang harganya akan lebih murah dibanding Arabian Crepe.

5. Diamond Italiano

Bahan Diamond Italiano
Source: Google

Diamond Italiano adalah jenis kain Crepe yang tekstur crepe atau tekstur kerutan jeruknya seperti Moss Crepe, bahkan lebih ketara jelas lengkungannya. Otomatis, jika diraba akan terasa lebih kasar dibanding Moss Crepe.

Karakteritik dari kain Diamond Italiano adalah ringan, jatuh, cukup elastis yang membuatnya lebih elastis daripada Moss Crepe. Tapi jika ingin mengkomparasi elastisitasnya dengan Crezia Crepe masih belum sampai.

Bahan kain Diamond Italiano ini tergolong tipis dan menerawang. Jika kita mengkomparasikan ketebalannya dengan kain Crezia Crepe, kain ini lebih tipis dan lebih ringan daripada Crezia Crepe.

6. Wolly Crepe

Bahan Wolly Crepe
Source: Google

Wolly Crepe adalah jenis kain Crepe yang tekstur kerut kulit jeruknya paling halus dan membuat teksturnya tidak nampak, dibandingkan dengan jenis Crepe yang lainnya.

Karakteristik dari kain ini antara lain jatuh, ringan, tidak mudah kusut dan nyaman untuk dijadikan sebagai bahan jilbab dan gamis muslimah. Itulah sebabnya mengapa bahan wolly crepe ini sangat banyak peminatnya karena memiliki sejumlah keunggulan yg tidak dimiliki jenis lainnya.

Ketebalan dari kain ini cukup tebal, dan tidak tembus pandang. Jika dibandingkan dengan ketebalan yang dimiliki oleh Moss Crepe, kurang lebih ketebalannya sama. Akan tetapi, Wolly Crepe tidak mempunyai sedikitpun sifat elastis.

Wolly Crepe merupakan kain yang memiliki serat bahan yang rapat, teksturnya cukup halus dan adem. Harga dari kain ini cukup terjangkau atau sebanding dengan kain Balotelli, yakni 40.000/meter.

Keunggulan Bahan Crepe secara umum

Setiap kain, tentu memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing, begitu juga dengan kain Crepe ini.

Jika disimpulkasn, kain Crepe termasuk kain yang unik dengan tekstur jeruk yang dimilikinya, keunggulan lainnya adalah kainnya yang elastis pada jenis tertentu. Yang mana keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat baju longgar atau all size.

Mungkin hanya itu hal-hal yang dapat saya simpulkan mengenai bahan crepe ini, dan jika ada salah kata saya mohon maaf.

Wassalam.

Leave a Reply

Close Menu