Panduan Membuat Aquascape Iwagumi

Panduan Membuat Aquascape Iwagumi

Bagi para scaper, mungkin style Aquascape iwagumi sudah sangat awam dimata dan telinga mereka. Tapi bagi kita para pemula, mungkin akan sedikit asing jika baru pertama kali mendengarnya, atau mungkin tau namanya tapi tidak tau bagaimana bentuknya.

Nah, disini kita akan membahas tentang style aquascape yang cukup terkenal dikalangan para scaper ini.

Style Iwagumi merupakan style aquascaping yang cukup menantang, karena kita diharuskan untuk mengetahui peletekan batu yang baik dan benar.

Iwagumi sendiri berasal dari istilah Jepang yang berarti formasi batuan. Dan pada style iwagumi, batu merupakan pemeran utamanya.

Style Iwagumi dikembangkan untuk yang pertama kalinya pada tahun 1988 oleh bintang aquarist yang sangat mendunia yaitu Takashi Amano.

Style aquascape yang satu ini tidak hanya dilihat dari segi minimalisnya saja, tapi hal itu juga mencerminkan budaya Jepang yang mencerminkan kesemangatan cinta akan kecantikan dan kesederhanaan.

Prinsip Fundamental Iwagumi

Hal yang paling susah dari style iwagumi adalah bagaimana caranya membuat tampilannya seimbang.

Pada Aquascape Iwagumi, titik pusatnya adalah pertemuan antara garis vertikal dan horizontal yang dapat meningkatkan fokus.

Style Iwagumi juga menganut fundamen Golden Triangle Rule dimana aquascape dipecah menjadi 3 segmen tampilan.

Peran substrat juga dapat menolong proses pembuatan kedalaman jika kita menggunakan strategi yang benar. Menata posisi depan lebih tinggi dari belakang sehingga membentuk kedalaman.

Jika substrat tertutup dengan tanaman air, makan hal itu dapat membuat bebatuan memiliki efek seperti bebatuan dan lembah hijau yang subur.

Basis Penysunan Iwagumi

Penyusunan Batu Teknik Aquascape Iwagumi

Batu-batu ter-populer pada teknik Aquascape Iwagumi adalah Siryu-Seki, Maten dan Shou.

Maksud dari pengelompokkan batu-batu tersebut ialah agar membangun sebuah batuan yang persis dalam segi warna dan teksturnya, namun beda dalam segi bentuk dan konturnya.

Setiap batu pada Aquascape Iwagumi mempunyai peranan masing-masing yaitu:

Oyaishi

Oyaishi ialah batu utama dan merupakan yang terbesar bila dibandingkan dengan batuan yang digunakan pada teknik ini. Batuan Oyaishi biasanya ditaruh pada titik fokus aquarium.

Batu ini juga ditaruh sesuai dengan aturan Rules of Third atau Golden Rasio dan juga diletakkan mengikuti aliran air, sehingga membuat efek alami.

Fukuishi

Fukuishi merupakan batu sekunder atau batu yang ukurannya hampir sama dengan batu utama. Fukuishi biasanya ditaruh disamping kiri atau kanan dari batu utama.

Tujuan penaruhan batu fukuishi ialah untuk menyeimbangkan batu utama sehingga bisa menimbulkan keseimbangan didalam aquarium.

Soeshi

Bentuk dari batu Soeshi lebih kecil dibandingan dengan fukuishi dan Oyaishi. Biasanya Soeshi diletakkan disamping Oyaishi.

Soeshi mempunyai peranan penting pada aliran air Oyaishi sehingga Oyaishi lebih terlihat menonjol.

Suteishi

Suteishi sering disebut batu korban karena tidak dimaksudkan untuk menonjol, dan seringnya tertutup oleh tanaman air.

Walaupun demikian, peran dari Suteshi sangat vital yakni untuk menciptakan pujian kepada seluruh formasi batuan sehingga menciptakan rasa kebersamaan.

Rekomendasi Tanaman Untuk Aquascape Iwagumi

Dwarf Hairgrass

Tanaman dalam Aquascape sangat berperan penting, karena bisa menghadirkan nuansa alami dan natural.

Tetapi pada teknik Iwagumi sebaiknya kita tidak terlalu menggunakan banyak tanaman yang bisa tumbuh tinggi. Karena pada teknik Aquascape Iwagumi batu merupakan elemen yang paling utama.

Berikut list tanaman yang cocok untuk Aquascape Iwagumi:

  • Dwarf Hairgrass
  • Pogostemon Helferi
  • Rotala Sp.
  • Vallisneria Nana
  • Eleocharis Vivipari
  • Fluitans Riccia
  • Hemianthus Callitrichoides

Rekomendasi Ikan Yang Cocok Untuk Aquascape Iwagumi

Harlequin Rasbora

Ikan juga merupakan elemen yang penting untuk aquascape karena memberi kesan lebih hidup. Ikan yang cocok untuk Aquascape Iwagumi adalah ikan yang suka berkelompok.

Contohnya adalah:

  • Kardinal Tetra
  • Rummy nose
  • Harlequin Rasbora

Ikan-ikan diatas sering digunakan karena perilakunya yang tidak agresif, sehingga sangat cocok untuk iwagumi karena prisnsip iwagumi adalah sederhana dan tenang.

 

 

Leave a Reply

Close Menu