5 Jenis Sablon Terbaik

5 Jenis Sablon Terbaik

Memilih sablon terbaik dan juga tahan lama bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika dihadapkan dengan pilihan yang bermacam-macam yang akan membuat kita semakin kebingungan.

Sablon sendiri merupakan elemen yang sangat vital pada kaos T-Shirt. Yang mana fungsinya untuk memberikan ciri khas untuk pemakainya, juga bisa menampakkan ekspresi dari pemakainya.

Dari tahun ke tahun, dari musim ke musim, peminat kaos sablon tidak pernah ada habisnya dan pasti selalu digandrungi. Hal ini juga bisa kita jadikan ladang bisnis bagi kita yang ingin memulai usaha distro, ataupun membuka bisnis konveksi kaos bandung.

Mengetahui jenis sablon yang bagus dan juga awet tidak hanya diperuntukkan untuk kita yang ingin mempunyai bisnis dibidang ini, tetapi juga untuk kita semua agar tidak terlalu sering membeli baju sablon setiap tahunnya.

Untuk pemilik usaha distro atau sablon kaos, mengerti jenis sablon yang pas akan berguna untuk memastikan hasil sablonan akan mengeluarkan efek pada desain yang sudah kita siapkan.

Sementara bagi pengguna, mengetahui mutu sablon jempolan akan berguna saat kita ingin membeli kaos sablon agar kita tidak salah pilih. Dan juga saat kita ingin membuat sablon pada kaos polos yang kita punya dengan desain kita sendiri.

Memilah Bahan Kaus Untuk Sablon

Mengapa kita harus memilah bahan kaos untuk disablon? Jawabannya adalah karena tiap-tiap tinta sablon mempunyai ciri khas sendiri saat menempel pada suatu jenis bahan, jadi apabila tidak cocok, maka akan menimbulkan hasil yang tidak memuaskan.

Makannya, kita perlu memahami bahan-bahan kaos yang umum dan juga bagus untuk digunakan untuk mendapatkan hasil sablon yang maksimal dan memenuhi ekspetasi kita.

Berikut adalah daftar bahan kaos yang cocok untuk disablon, antara lain:

  • Cotton Combed
  • Cotton Carded
  • Bahan Spandex
  • Katun Bambu

Jenis-jenis Sablon Terbaik

1. Sablon Rubber

Sablon Rubber

Yang pertama adalah sablon rubber. Sablon rubber mempunyai tingkat ke-lengketan yang bagus pada bahan kaos, dan juga sifatnya yang elastis membuat sablon ini menjadi salah satu yang terbaik dari yang ada, dan juga termasuk tinta sablonnya yang murah.

2. Sablon DTG

Sablon DTG
notepam.com

Sablon DTG juga sering disebut metode Print DTG, karena proses dari penyablonan ini menggunakan printer seperti hal-nya melakukan print pada kertas. Karena memakai printer, tidak ada batasan warna untuk kaos yang akan dibuat. Tidak seperti proses sablon yang lainnya.

Dan biasanya, jasan sablon kaos DTG tidak ada minimum order, dengan kata lain kita bisa saja membuat satu kaos sablon DTG.

3. Sablon Plastisol

Sablon Plastisol

Sablon plastisol mempunyai efek warna yang cerah, dan juga mempunyai pilihan warna tinta yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan warna dasar kaos. Bahkan sablon ini merupakan sablon yang berstandar internasional, sehingga layak menjadi sablon yang terbaik.

Tetapi, sablon ini memiliki kekurangan, yakni tidak tahan terhadap panas. Dalam kata lain, sablonnya mudah mengelupas jika terkena panas langsung. Jadi, jangan pernah menyetrika kaos dengan sablon plastisol langsung dipermukaannya. Setrikalah bagian dalamnya.

4. Sablon High Density

Sablon High Density

Jenis sablon yang satu ini merupakan perpaduan antara tinta transparan dengan tinta plastisol yang ditumpuk diatasnya agar menghasilkan efek yang timbul, awet, dan tahan lama.

5. Sablon Foam

Sablon Foam

Sablon jenis ini juga memiliki aksen timbul seperti pada sablon High Density, dan permukaannya lembut layaknya busa, dan juga cocok digunakan untuk semua bahan katun.

Kelemahan dari sablon jenis ini adalag tidak bisa disetrika langsung pada permukaannya, dan juga tidak bisa dicetak dengan warna gradasi.

Itulah beberapa sablon terbaik, awet, dan juga tahan lama.

Leave a Reply

Close Menu